AHMAD AHLIS ARIFIN, 1721143021 (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (GPAI) DALAM MEMBENTUK KARAKTER ASWAJA PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH MAARIF NU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (389kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (465kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI (GPAI) dalam Membentuk Karakter Ahlussunnah Wal Jamaah Peserta Didik di MA Maarif NU Kota Blitar” ini ditulis oleh Ahmad Ahlis Arifin, NIM. 172114302, pembimbing Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata kunci : Strategi Guru PAI, Karakter Aswaja, Peserta didik. Konteks penelitian ini adalah rendahnya perhatian seseorang dalam pelaksanaan pendidikan Islam di zaman modern ini. Khususnya para pelajar yang sekarang ini sangat rendah tentang wawasan keagamaan maupun nilai-nilai ahlussunnah wal jama’ah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Strategi Guru PAI (GPAI) dalam membentuk karakter Aswaja peserta didik di MA Maarif NU Kota Blitar? (2) faktor-faktor apa yang mendukung Guru PAI (GPAI) dalam membentuk karakter Aswaja peserta didik di MA Maarif NU Kota Blitar? (3) nilai-nilai apa yang dikembangkan oleh Guru PAI (GPAI) dalam membentuk karakter Aswaja peserta didik di MA Maarif NU Kota Blitar? Adapun tujuan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana Strategi Guru PAI (GPAI) dalam membentuk karakter Aswaja peserta didik di MA Maarif NU Kota Blitar. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat Guru PAI (GPAI) dalam membentuk karakter Aswaja peserta didik di MA Maarif NU Kota Blitar.(3) Untuk mengetahui nilai-nilai apa yang dikembangkan oleh Guru PAI (GPAI) dalam membentuk karakter Aswaja peserta didik di MA Maarif NU Kota Blitar? Skripsi ini bermanfaat bagi MA Maarif NU Kota Blitar untuk menambah wawasan juga mengingatkan akan pentingnya meningkatkan karakter siswa melalui nilai-nilai aswaja tawasuth, tasamuh, tawazun, dan amar ma’ruf nahi munkar, bagi masyarakat untuk memberi wawasan kepada mereka akan pentingya pengetahuan tentang ahlussunnah wal jama’ah, bagi orang tua siswa MA Maarif NU Kepanjenkidul Kota Blitar untuk meningkatkan peran mereka yang sangat dominan dalam mendidik anak, bagi pembaca/peneliti lain sebagai informasi untuk melatih keterampilan dan pengetahuan serta memperluas referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut, bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan khususnya jurusan Pendidikan Agama Islam dapat digunakan acuan sebagai guru nantinya dalam membangun karakteristiknya siswanya. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data di peroleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui lebih dekat tentang obyek yang sedang diteliti, wawancara digunakan untuk mengetahui atau menemukan permasalahan secara terbuka di MA Maarif NU Kota Blitar, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data dengan jalan menyelidiki dokumen-dokumen yang sudah ada dan merupakan tempat untuk menyiapkan sejumlah data agar peneliti mendapat informasi secara maksimal yang dapat menggambarkan kondisi obyek yang di teliti dengan benar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Guru PAI dalam membentuk karakter Aswaja peserta didik di MA Maarif NU Kota Blitar adalah:(1) Guru PAI selalu memberikan motivasi pada peserta didik dengan memberikan cerita-cerita inspiratif dengan pendekatan kasih sayangnya. (2) Memberikan pembinaan pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakulikuler dalam menanamkan akhlakul karimah. (3) Bekerjasama dengan guru lainnya dalam memberikan pembinaan dan motivasi pada peserta didik mengenai pentingnya karakter Aswaja dalam berbagai macam dimensi kehidupan. Faktor-faktor pendukung dan penghambat Guru PAI dalam membentuk karakter Aswaja peserta didik di MA Maarif NU Kota Blitar dapat penulis simpulkan sebagai berikut: (1) Faktor pendukung penanaman karakter aswaja di MA Maarif NU Kota Blitar adalah semua peserta didik selama 24 jam berada di pesantren dan selalu dalam pengawasan pembimbing/pengasuh pesantren dalam hal ubbudiyah, muamalah maupun hal-hal yang lainnya, sehingga mudah dalam mengonrol santri dan memberikan doktrin-doktrin aswaja kepada peserta didik dalam kehidupan sehari-harinya.(2)Faktor penghambat penanaman karakter aswaja di MA Maarif NU Kota Blitar adalah Adanya pebedaan dari latar belakang pendidikan peserta didik dari jenjang sebelumnya misal MTs/SMP sehingga pemahaman peserta didik berkaitan dengan aswaja tidak sama. Nilai-nilai yang dikembangkan oleh Guru PAI dalam membentuk karakter Aswaja peserta didik di MA Maarif NU Kota Blitar adalah: (1) Guru PAI memberikan ketauladanan kepada peserta didik/siswa mengenai pentingnya sikap Tasamuh (toleransi kepada sesame dan menghargai perbedaan latar belakang. Sehingga siswa mampu menjunjung tinggi persaudaraan serta sikap tawaduknya kepada orang lain. (2) Menanamkan nilai Tawasuth (Moderat) pada diri peserta didik sehingga mampu menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dalam kehidupan. (3) Menanamkan nilai Tawazun (keseimbangan) pada peserta didik dengan cara pembinaan dalam setiap kegiatan yang bernuansa islami, serta menumbuhkan kesadaran mengenai pentingnya sebuah keseimbangan antara kehidupan dunia dan akhirat. Serta menjunjung tinggi amal dan nilai prestasi sebagian dari amal ibadah kepada Allah SWT.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143021 AHMAD AHLIS ARIFIN |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 01:29 |
Last Modified: | 04 Mar 2021 04:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19060 |
Actions (login required)
View Item |