CELSYA DHELSY SAFIRA, 17201163269 (2020) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA DARUSSALAM DUNGMAS BOJONEGORO. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (3MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di MA Darussalam Dongmas Bojonegoro” ini ditulis oleh Celsya Dhelsy Safira, NIM 17201163269, Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung Tahun 2020, pembimbing Dr. Hj. Nurul Hidayah, M. Ag Kata Kunci : Strategi , Minat Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh berkurangnya minat belajar akidah akhlak dalam diri peserta didik., dengan menurunnya minat belajar ini mengakibatkan tujuan pembelajaran juga tidak dapat terlaksana dengan baik. Untuk meningkatkan minat belajar peserta didik salah satunya dengan memilih strategi yang tepat agar peserta didik dapat menikmati proses pembelajaran dan juga memiliki minat yang tinggi. Seperti halnya yang dilakukan oleh guru akidah akhlak di MA Darussalam Dungmas Bojonegoro ini dengan penerapan strategi yang tepat dapat menarik minat belajar peserta didik. Fokus penelitian dalam sekripsi ini adalah 1. Bagaimana strategi guru akidah akhlsk dalam meningkatkan minat belajar peserta didik melalui strategi ekspositori di MA Darussalam Bojonegoro? 2. Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan minat belajar peserta didik melalui strategi inkuiri di MA Darussalam Bojonegoro? 3. Bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam meningkatkan minat belajar peserta didik melalui strategi kontekstual di MA Darussalam Bojonegoro? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperoleh berupa kata-kata, yang kemudian berusaha dideskripsikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah pertama guru mengaplikasikan strategi ekspositori dalam proses pembelajaran, pada strategi ini kurang efektif jika penyampainnya tidak disertakan dengan pemanfaatan media serta metode yang baik hal itu akan berdampak peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Strategi ini lebih tepat jika pada diterapkan saat pembelajaran dengan materi yang memerlukan banyak penjelasan dari peserta didik. Kedua guru mengaplikasiakan strategi inkuiri dalam proses pembelajaran.Peserta didik memiliki peran yang dominan dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik berperan aktif dan juga memiliki minat belajar yang tinggi. Dapat menyajikan evaluasi dengan kuis interaktif sehingga dapat mengevaluasi peserta didik dengan baik. Ketiga guru mengaplikasikan strategi kontekstual dalam proses pembelajaran. Strategi yang mengabungkan antara teori dan juga kehidupan sehari-hari peserta didik ini adalah strategi yang efektif diterapkan dalam pembelajaran akidah akhlak. Dengan strategi ini guru tidak hanya melihat hasilnya saja tetapi juga dapat melihat proses pembelajaran dari peserta didik juga. Guru juga dapat menyampaikan materi pembelajaran di luar kelas sehingga peserta didik dapat memiliki minat belajar yang tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 17201163269 CELSYA DHELSY SAFIRA |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 02:07 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 02:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19291 |
Actions (login required)
View Item |