EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENGURANGI PERILAKU BLLYING PADA REMAJA DI MAN KOTA BLITAR

NUR FADILA DEWI SAPUTRI, 12306173005 (2021) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENGURANGI PERILAKU BLLYING PADA REMAJA DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA REMAJA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan karena terdapat latar belakang yang kaitannya dengan perilaku bullying disekolah, bullying adalah tindakan untuk menyakiti seseorang. Tujuan dari penelitia ini yaitu untuk menguji efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik homeroom dalam meminimalisir perilaku bullying siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (ekseperimen). Penelitian yang digunakan yaitu tata cara riset kuantitatif yang yakni studi pre experimental design dengan mengenakan desain one group pretest- posttest design karena desain ini digunakan buat membandingkan suatu perlakuan. Dalam studi ini data kuantitatif diperoleh dari instrumen angket maupun kuesioner pengungkap 3, 3% perilaku bullying. Populasi dalam studi ini ialah siswa kelas XI MAN Kota Blitar berjumlah 240 siswa. Tata cara pengambilan ilustrasi mengenakan purposive sampling, sehingga ilustrasi dari studi ini berjumlah 8 siswa. Metode analisis data yang digunakan adalah uji t pired sample t-test. Hasil riset ini menyatakan bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima yaitu setelah dilakukan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom, perilaku bullying mengalami penurunan. Hal ini berarti bimbingan kelompok dapat membantu untuk mengurrangi perilaku bullying pada peserta didik di MAN Kota Blitar. Kesimpulannya dari riset ini penggunaan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom dapat membantu mengatasi siswa kelas XI MAN Kota Blitar yang melakukan bullying. Bersumber pada simpulan tersebut diharapkan konselor kerap memberikan layanan bimbingan kelompok sebagai bentuk pengurangan perilaku bullying pada lingkungan sekolah. Konselor berharap peserta didik mampu mengendalikan diri dalam melaksanakan kegiatan yang bisa memunculkan bullying serta lebih menekankan bimbingan kelompok yang diberikan konselor sebagai bentuk dalam mengurangi perilaku bullying. KATA KUNCI : Perilaku Bullying, Bimbingan Kelompok, Teknik Homeroom

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi kepribadian
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: S1 12306173005 Nur Fadila Dewi Saputri
Date Deposited: 31 May 2021 02:13
Last Modified: 31 May 2021 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19439

Actions (login required)

View Item View Item