ZULVATULAITA PUSPITANINGRUM, 17204163124 (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN BERORGANISASI PADA KELAS XI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (314kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (603kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Zulvatulaita Puspitaningrum. Nomor Induk Mahasiswa 17204163124. 2020. “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa terhadap Materi Barisan dan Deret Aritmatika ditinjau dari Keaktifan Berorganisasi pada Kelas XI MAN 1 Trenggalek”. Jurusan Tadris Matematika. IAIN Tulungagung. Pembimbing: Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Pada era modern ini, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas. Kualitas sumber daya manusia tersebut dapat dilihat dari kemampuan berpikirnya. Salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis, dimana kemampuan berpikir kritis sendiri bisa dipengaruhi oleh lingkungan sosial, misalkan dengan cenderung aktif dalam organisasi. Organisasi sekolah menjadi sarana bagi siswa untuk menambah wawasan dan juga menyalurkan bakatnya. Akan tetapi, disisi lain akan ada dampak dari aktifnya siswa dalam organisasi terhadap proses belajar dikelas. Kebanyakan yang terjadi adalah siswa kesulitan memahami materi dalam mata pelajaran matematika. Sebagai contoh diperlukan pemahaman mendalam untuk menyelesaikan permasalahan terkait materi barisan dan deret aritmatika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MAN 1 Trenggalek yang memiliki kecenderungan aktif dalam organisasi “tinggi” terhadap materi barisan dan deret aritmatika, (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MAN 1 Trenggalek yang memiliki kecenderungan aktif dalam organisasi “sedang” terhadap materi barisan dan deret aritmatika, dan (3) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MAN 1 Trenggalek yang memiliki kecenderungan aktif dalam organisasi rendah terhadap materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data yang dikumpulkan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki kecenderungan aktif dalam organisasi tinggi di kelas XI MAN 1 Trenggalek mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun ketrampilan dasar, memberikan penjelasan lebih lanjut, mengatur strategi dan taktik, dan membuat kesimpulan sehingga termasuk dalam kategori berpikir kritis sangat tinggi,ba 2) Kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki kecenderungan aktif dalam organisasi sedang di kelas XI MAN 1 Trenggalek mampu memenuhi beberapa indikator berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun ketrampilan dasar, memberikan penjelasan lebih lanjut, dan mengatur strategi dan taktik sehingga termasuk dalam kategori berpikir kritis tinggi, 3) Kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki kecenderungan aktif dalam organisasi rendah di kelas XI MAN 1 Trenggalek hanya mampu memenuhi beberapa indikator berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun ketrampilan dasar, dan mengatur strategi dan taktik sehingga termasuk dalam kategori berpikir kritis sedang. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, keaktifan berorganisasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S.Pd 17204163124 Zulvatulaita Puspitaningrum |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 08:40 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 08:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19469 |
Actions (login required)
View Item |