PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN DI MIN 3 TULUNGAGUNG

SRI DIAH NUR A’INI IKASARI, 17205163080 (2020) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik melalui Pembiasaan di MIN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh SRI DIAH NUR A’INI IKASARI, NIM. 17205163080, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh ibu Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Karakter Religius, Pembiasaan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang memiliki dampak buruk terhadap karakter generasi muda. Perkembangan zaman tidak dibarengi dengan kemajuan karakter religius, sehingga sering terjadi kerusakan pada perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari misalnya kurang sopan santun, suka tawuran, suka berbohong, dan brutal. Perlu sekiranya membentengi diri dengan memperbaiki karakter religius sejak dini. Maka dari itu, diperlukan kegiatan pembiasaan untuk dapat membentuk karakter religius peserta didik dengan baik. Untuk mengetahui hal tersebut peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) bagaimana Bagaimana pembentukan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan sholat dhuhur berjamaah di MIN 3 Tulungagung?, 2) Bagaimana pembentukan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan infaq di MIN 3 Tulungagung?, 3) Bagaimana pembentukan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan hafalan al qur an juz 30 di MIN 3 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bahwa pembentukan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan di MIN 3 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan merupakan kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Sumber data penelitian ini meliputi, 1) person (orang) yaitu, (a) kepala sekolah, waka kurikulum, (c) guru, (d) wali murid, dan (e) peserta didik, 2) paper (kertas/dokumen) yaitu, berupa dokumentasi foto-foto pembiasaan di MIN 3 Tulungagung, 3) place (tempat) yaitu, di MIN 3 Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verification. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data melalui, uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Kemudian hasil penelitian skripsi ini adalah (1) karakter religius yang terbentuk melalui pembiasaan shalat dzuhur berjamaah adalah disiplin, taat, dan saling menghargai. (2) karakter religius yang terbentuk melalui pembiasaan infaq adalah sifat prihatin, dermawan, sabar dan solidaritas antar sesama. (3) karakter religius yang terbentuk melalui pembiasaan hafalan Al-Qur’an juz 30 adalah diziplin, tanggung jawab, dan saling tolong-menolong.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Infaq
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163080 SRI DIAH NUR A’INI IKASARI
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:23
Last Modified: 02 Nov 2021 02:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19473

Actions (login required)

View Item View Item