EVALIA AVIANTI, 17201163291 (2020) IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM REMAJA DALAM KELUARGA DI DESA DERMOSARI TUGU TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (348kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Evalia Avianti, NIM: 17201163291. 2020. “Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Remaja Dalam Keluarga Di Desa Dermosari Tugu Trenggalek”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam . Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Imam Junaris, S.Ag. M.H.I Kata Kunci: Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Remaja Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai gejala yang melibatkan perilaku remaja saat ini. Pentingnya moral usia saat remaja yang jauh dari nilai nilai, norma dan etika dalam agama Islam yang mulai meresahkan masyarakat dan menjadikan masa depan anak suram. Ini disebabkan karena kurangnya bimbingan serta penerapan di dalam keluarga tentang aqidah, ibadah dan akhlak remaja. Dalam hal ini peneliti membahas implementasi penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam remaja dalam keluarga di desa Dermosari Tugu Trenggalek. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah implementasi penanaman nilai-nilai Aqidah/keimanan remaja dalam keluarga di desa Dermosari Tugu Trenggalek ?, (2)Bagimanakah implemetasi penanaman nilai-nilai Ibadah remaja dalam keluarga di desa Dermosari Tugu Trenggalek?, (3)Bagaimanakah implementasi penanaman nilai-nilai Akhlak remaja dalam keluarga di desa Dermosari Tugu Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder, sumber data primer didapatkan dari wawancara dengan orang tua, remaja dan tokoh masyarakat yang terlibat, sedangkan sumber data sekunder di dapat dari hasil observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data menggunakan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi penanaman nilai aqidah dalam keluarga dengan memberikan pengarahan dan pengertian serta contoh agar remaja mengerti pentingnya keimanan dalam kehidupan beragama, (2) implementasi penanaman nilai ibadah dalam keluarga dengan pembiasaan contoh dan hukuman bagi remaja yang lalai menjalankan kewajiban beribadah, (3) implementasi penanaman akhlak dalam keluarga dengan memberikan teladan baik untuk remaja dan mendidik untuk menjauhi lingkungan yang berdampak negatif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163291 EVALIA AVIANTI |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 04:02 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 04:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/19524 |
Actions (login required)
View Item |