METODE FAMĪ BISYAUQIN DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL-BAQOROH LIRBOYO KEDIRI JAWA TIMUR DAN KONTRIBUSINYA DALAM MENJAGA AL-QUR’ĀN

DINA SABELLA, 12301173001 (2021) METODE FAMĪ BISYAUQIN DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL-BAQOROH LIRBOYO KEDIRI JAWA TIMUR DAN KONTRIBUSINYA DALAM MENJAGA AL-QUR’ĀN. [ Skripsi ]

[img] Text
METODE FAMĪ BISYAUQIN DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL-BAQOROH LIRBOYO KEDIRI JAWA TIMUR DAN KONTRIBUSINYA DALAM MENJAGA AL-QUR’ĀN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Untuk mewujudkan kontribusi dalam menjaga Al-Qur’an maka umat muslim memerlukan suatu usaha. Salah satu usaha dalam menjaga Al-Qur’an adalah dengan menerapkan metode famī bisyauqin. Metode Famī bisyauqin adalah metode menghatamkan Al-Qur’ān dalam waktu tujuh hari yang mengikuti metode sahabat radhiyalahu anhum dengan membuat hizb (pengelompokkan) Al-Qur’ān kemudian menghatamkannya hari Kamis atau Malam Jum’at. Metode famī bisyauqin telah diterapkan sebagai program wajib di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh Lirboyo Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur. Metode ini juga dapat dilakukan diluar pondok dan dapat diterapkan oleh siapapun. Sebelum menerapkan metode famī bisyauqin perlu didiskripsikan arti dari metode tersebut, asal-usulnya, dan proses pengaplikasiannya di Pondok Pesantren Putri Al-Baqoroh Lirboyo Kediri. Tujuannya untuk mengetahui makna dan pengertian yang terkandung didalamnya dan mengetahui seberapa besar kontribusi metode fami bisyauqin dalam menjaga Al-Qur’ān, maka digunakan pendekatan historis dengan penjelasan yang deskriptif analitis guna mendapatkan informasi yang jelas dan terperinci. Kata kunci : Sejarah, Metode Fami Bisyauqin, Kontribusi Menjaga Al-Quran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Agama > Tafsir Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: 12301173001 DINA SABELLA
Date Deposited: 30 Jul 2021 02:20
Last Modified: 30 Jul 2021 02:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20125

Actions (login required)

View Item View Item