KEMAMPUAN INVESTIGASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI SELF CONCEPT SISWA DI MTs MA’ARIF NU KOTA BLITAR

FAIZATUZ ZULFIA, 12204173230 (2021) KEMAMPUAN INVESTIGASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI SELF CONCEPT SISWA DI MTs MA’ARIF NU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (871kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Investigasi Matematis Siswa pada Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Self Concept Siswa di MTs Ma’arif NU Kota Blitar” ditulis oleh Faizatuz Zulfia, NIM. 12204173230, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Musrikah, S.Pd.I., M.Pd., NIP. 19790910 200604 2 001. Kata Kunci : Kemampuan Investigasi Matematis, Pola Bilangan, Self-Concept Beberapa siswa di MTs Ma’arif NU Kota Blitar saat dihadapkan dengan soal kontekstual sering merasa bingung dalam menentukan alur pengerjaan dan penetapan rumus yang akan digunakan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya siswa kurang terbiasa untuk mengerjakan soal berbasis masalah serta kurangnya kebiasaan siswa untuk melatih diri dalam menganalisis dan menyelidiki suatu permasalahan khususnya permasalahan matematika. Kemampuan investigasi matematis sangat penting dimiliki siswa karena dapat membantu siswa untuk lebih aktif dalam berpikir dan menemukan berbagai cara dalam menentukan solusi suatu permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kemampuan investigasi matematis siswa dengan self concept positif pada materi pola bilangan di MTs Ma’arif NU Kota Blitar dan 2) untuk mendeskripsikan kemampuan investigasi matematis siswa dengan self concept negatif pada materi pola bilangan di MTs Ma’arif NU Kota Blitar. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa dengan self concept positif dan 2 siswa dengan self concept negatif di kelas VIII MTs Ma’arif NU Kota Blitar. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan self concept positif pada materi pola bilangan mampu memenuhi semua indikator dari kemampuan investigasi matematis yaitu spesialisasi (mengidentifikasi pola), conjecturing (membuat dan menguji suatu dugaan), dan generalisasi (menentukan aturan umum dari suatu data dalam permasalahan) dan 2) siswa dengan self concept negatif pada materi pola bilangan belum mampu memenuhi indikator dari kemampuan investigasi matematis diantaranya spesialisasi (mengidentifikasi pola), conjecturing (membuat dan menguji dugaan), dan generalisasi (menentukan aturan umum dari suatu data dalam permasalahan).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173230 faizatuz zulfia
Date Deposited: 10 Aug 2021 03:06
Last Modified: 10 Aug 2021 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20411

Actions (login required)

View Item View Item