MUCHAMAD RUDI CAHYONO, 12305173041 and UCIK ANA FARDILLA, 1418425498144035 (2021) IMPLEMENTASI FUNGSI KOMUNIKASI DAN MOTIVASI PENGGUNAAN TANDA TAGAR (#) DI MEDIA SOSIAL. [ Skripsi ]
Text
IMPLEMETASI FUNGSI KOMUNIKASI DAN MOTIVASI PENGGUNAAN TANDA TAGAR (#) DI MEDIA SOSIAL.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Abstrak Pada tahun 2020 banyak tagar (#) menjadi populer berdasarkan popularitas dan topiknya. Tagar media sosial mempunyai fungsi umum seperti alat promosi, meningkatkan popularitas atau untuk membuat agenda apapun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana implementasi fungsi komunikasi dan motivasi dalam penggunaan tagar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan studi literasi dan studi lapangan (website). Hasil penelitian dijelaskan dengan teori fungsi komunikatif tagar dan kajian budaya komunikasi populer. Hasil penelitian ini adalah tagar populer yakni #gagalkanomnibuslaw #agnation #fotoprofilbaru #covid19 #dirumahaja #mutualankuy #mufc #banjir #malamjumat #itsokaytonotbeokay yang mempunyai fungsi komunikasi untuk menandai topik pada unggahan, agregasi informasi dalam topik tertentu, bersosialisasi dan berbagi pengalaman, sebagai alasan agar pesan mudah diterima, ironi, menyediakan informasi tambahan atau metadata, penjualan dan branding personal, mengekspresikan sikap seperti opini, emosi dan evaluasi, membuat gerakan, dan menyebar luaskan pandangan kepercayaan atau filosofi. Kata Kunci: Tagar (#) ,Trending, Media Sosial
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Jurnal Komunikasi Islam Penyiaran Islam Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | 12305173041 MUCHAMAD RUDI CAHYONO |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 06:29 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 06:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/20630 |
Actions (login required)
View Item |