FIRDA RAHMAWATI, 12201173022 (2021) IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs IMAM AL GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Budaya Religius Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo” yang ditulis oleh Firda Rahmawati, NIM 12201173022, dibimbing oleh Bapak Nuryani,S.Ag.,M.Pd.I. Kata Kunci: budaya, religius, karakter Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang menunjukkan bahwa terdapat lembaga pendidikan islam yang berupaya untuk menciptakan lulusan berkualitas dalam bidang keislaman. Salah satunya melalui upaya pembentukan karakter peserta didik dengan cara diadakannya penerapan budaya religius di sekolah. Budaya religius di sekolah dapat membantu peserta didik untuk mengenal dan menerapkan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari hari. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana perencanaan implementasi budaya religius dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo? (2) bagaimana pelaksanaan budaya religius dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo? (3) bagaimana evaluasi implementasi budaya religius dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo? Adapun yang menjadi tujuan penelitiaan ini adalah (1) untuk memaparkan perencanaan implementasi budaya religius dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Imam Al-Ghozali panjerejo, (2) untuk memaparkan pelaksanaan budaya religius dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo, (3) memaparkan evaluasi implementasi budaya religius dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah study kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya sesuai model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan implementasi budaya religius di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo yaitu (1) rapat perencanaan awal tahun, (2) pengenalan budaya religius pada peserta didik (3) pembentukan jadwal penanggung jawab kegiatan. Implementasi budaya religius di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo yaitu (1) sholat huhur berjamaah, (2) sholat dhuha berjamaah, (3) pembacaan yasin dah tahlil, (4) pembacaan doa dan asmaul husna sebelum memulai pelajaran, (5) perayaan hari besar Islam, (6) 3S (senyum, salam, sapa). Evaluasi dalam pelaksanaan budaya religius yaitu (1) pendidik kurang tegas saat mendampingi kegiatan, (2) kurangnya kesadaran peserta didik untuk khusyul, (3) peserta didik tidak diberi buku pedoman bacaan yasin dan tahlil.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201173022 FIRDA RAHMAWATI |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 02:40 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 02:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21070 |
Actions (login required)
View Item |