GURU PROFESIONAL DALAM MENGHADAPI KESULITAN BELAJAR SISWA MTsN PULOSARI NGUNUT TULUNGAGUNG

AFIFUDIN, MUHAMMAD (2011) GURU PROFESIONAL DALAM MENGHADAPI KESULITAN BELAJAR SISWA MTsN PULOSARI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
2.Cover.doc

Download (143kB)
[img] Text
3.BAB 1.doc

Download (61kB)
[img] Text
4.BAB II.doc

Download (169kB)
[img] Text
5.BAB III.doc

Download (81kB)
[img] Text
7.BAB V.doc

Download (35kB)
[img] Text
6.BAB IV.doc

Download (2MB)
[img] Text
8.DAFTAR RUJUKAN+LAMPIRAN.doc

Download (23MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: guru profesional, kesulitan belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh anggapan bahwa Guru profesional dalam mengatasi berkesulitan belajar siswa dengan mencari tahu terus menerus bagaimana seharusnya siswa itu belajar melalui penggunaan media dan metode yang menarik sesuai dengan materi, situasi dan kondisi siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini, 1) Bagaimanakah guru profesional dengan menggunakan metode pembelajaran dalam menghadapi kesulitan belajar siswa MTsN Pulosari? 2) Bagaimanakah guru profesional dengan menggunakan media pembelajaran dalam menghadapi kesulitan belajar siswa MTsN Pulosari? 3) Bagaimana upaya guru profesional dalam menghadapi kesulitan belajar siswa MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Pembahasan hasil penelitian, 1) Guru profesional menggunakan metode pembelajaran dalam menghadapi kesulitan belajar siswa MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung. guru profesional dalam penggunaan metode pembelajaran hal-hal yang harus diperhatikan yaitu: (a) Situasi dan kondisi siswa. Penggunaan metode pembelajaran di MTsN Pulosari disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa. (b) Pemilihan metode yang dilakukan oleh guru profesional di MTsN Pulosari sangat tepat dan efektif terlihat, siswa merasa senang dan tidak terbebani serta timbulnya minat dan perhatian untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran dan kesulitan belajar siswa dapat teratasi. 2) Guru profesional dalam menggunakan media pembelajaran untuk menghadapi kesulitan belajar siswa di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung senantiasa memperhatikan: (a) karakteristik siswa, (b) media yang menarik, (c) sumber dana, dan (d) situasi dan kondisi siswa. 3) Upaya guru profesional dalam menghadapi kesulitan belajar siswa MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung. Upaya profesionalisme guru dalam menghadapi kesulitan belajar siswa MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung yaitu: (a) guru memotivasi dengan datang ke rumah siswa / siswa itu datang ke rumah guru, atau di mushola, (b) memecahkan permasalahannya dan mencari solusi dengan siswa dipanggil di kantor untuk diberikan bimbingan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 Sep 2015 07:05
Last Modified: 08 Sep 2015 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2122

Actions (login required)

View Item View Item