SETYAWATI, IDA (2015) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAM ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 POGALAN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]
|
Text
cover.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
cover dalam.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (620kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ida Setyawati, 3211113084, 2015, Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pogalan Trenggalek Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata kunci: Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh tantangan tentang efektifitas pembelajaran sebagai tuntutan nasional sejalan dengan perkembangan dan kemajuan masyarakat, berimplikasi secara nyata dalam program pembelajaran dan kurikulum sekolah. Tujuan dari program kurikulum dapat tercapai dengan baik jika programnya didesain secara jelas dan aplikatif. Dalam hubungan inilah para guru dituntut untuk memiliki kemampuan mendesain program. Terkait perencanaan dan pelaksanaannya sekaligus menentukan strategi instruksional yang harus ditempuh. Para guru harus memiliki ketrampilan memilih dan menggunakan metode mengajar untuk diterapkan dalam sistem pembelajaran yang efektif. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pogalan? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pogalan? 3) Bagaimana sistem evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pogalan? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pogalan, 2) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pogalan, 3) Untuk mendiskripsian sistem evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pogalan. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk digunakan sebagai sumbangan pikiran terhadap khazanah ilmiah dalam pengembangan ilmu pengetahua terutama yang berkaitan dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam penelitian ini berdasarkan segi sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan Persistent Observation (ketekunan pengamatan), triangulasi, Peerderieting (pemeriksaan sejawat melalui diskusi). Hasil penelitian, 1) Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam. Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pogalan guru Pendidikan Agama Islam guru membuat rencana strategi pembelajaran, rencana media pembelajaran, rencana sumber belajar yang digunakan dan penyusunan perangkat pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pogalan. Guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran menerapkan strategi pembelajaran termasuk pendekatan, metode dan teknik pembelajaran, pemanfaatan media, pengembangan materi isi dan penggunaaan sumber belajar dalam pembelajaran. 3) Sistem evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pogalan. Sistem evaluasi yang diterapkan meliputi perencanaan, pelaksanaan, mengolah data. Teknik evaluasi yang digunakan penilaian Formatif dan Sumatif. Kegiatan pembelajaran dan evaluasi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pogalan mengacu pada aspek kognitif (pengetahuan dan itelektual), afektif (sikap), dan psikomotorik (ketrampilan dan tindakan). Menggunakan bentuk penilaian secara lisan, tulis dan kinerja dan portofolio. Jadi, antara perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | IDA SETYAWATI |
Date Deposited: | 19 Nov 2015 03:37 |
Last Modified: | 19 Nov 2015 03:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2123 |
Actions (login required)
View Item |