SAHRIAR, BAGUS (2011) PENGARUH PENGAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP KEPRIBADIAN SISWA DI MTS. NEGERI TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK. [ Skripsi ]
Text
BAB I.doc Download (52kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (197kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (110kB) |
|
Text
BaB IV.doc Download (367kB) |
|
Text
BaB V.doc Download (57kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.doc Download (61kB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sering terlihat prilaku pelajar atau siswa yang menyimpang seperti, perkelahian dikalangan pelajar, seks bebas, pecandu narkoba, minum alkohol dan sebagainya. Dalam keadaan seperti ini eksistensi sekolah akan lebih disorot, karena sekolah didirikan untuk memberikan respon terhadap situsi dan kondisi siswa yang tengah dihadapkan pada runtuhnya sendi-sendi moral melalui transformasi nilai yang diajarkan. Oleh karena itu keberadaan pengajaran aqidah akhlak diharapkan bisa merubah kondisi dan situasi tersebut, menjadikan anak didik berbudi pekerti, bertingkah laku yang baik sehingga terbentuk kepribadian yang baik dalam diri anak didik tersebut. Berdasarkan hal itu maka penulis ingin menghubungkan pengaruh pengajaran aqidah akhlak terhadap kepribadian sisiwa di MTs. Negeri Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah:(1) Bagaimana pelaksanaan pengajaran aqidah akhlak di MTs Negeri Tanjunganom Kabupaten Nganjuk? (2) Bagaimana pengaruh pengajaran aqidah akhlak terhadap kepribadian siswa di MTs Negeri Tanjunganom Kabupaten Nganjuk? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas hubungan antara pengajaran aqidak akhlak dengan kepribadian siswa di MTs. Negeri Tanjunganom Kabupaten Nganjuk dan keadan hubuangan tersebut. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya meningkatkan kualias profesi sebagai pengajar. Bagi MTs Negeri Tanjuganom Kabupaten Nganjuk, dapat memberikan sumbangan pengetahuan, serta memberikan alternative langkah sebagai penunjang keberhasilan pengajaran Aqidah Akhlak terhadap para siswanya. Bagi Program study pendidikan agama Islam jurusan Tarbiyah STAIN Tulungagung sebagai bahan penambahan kajian untuk melengkapi perpustakaan dan bahan dokumentasi. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, observasi, dokumentasi dan interview. Metode angket digunakan untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan pelaksanaan pengajaran serta tentang kepribadian sisiwa di MTs. Negeri tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Sedangkan metode dokumentasi dan interview di gunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana sekolah, dan dokumentasi sekolah. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, penulis menggunakan rumus product moment. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pengajaran aqidah akhlak kepada siswa di MTs. Negeri Tanjunganom Kabupaten Nganjuk, sudah berjalan dengan baik. Bahwa pelaksanaan pengajaran aqidah akhlaq sudah diajarkan dengan menggunakan berbagai macam cara atau metode, seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, cerita dan keteladanan. Sedangkan berdasarkan analisis data yang diperoleh ternyata ada pengaruh yang siknifikan antara pengajaran aqidah akhlak dengan kepribadian sisiwa di MTs. Negeri Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Denagan hasil hitung baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5% ternyata nilai “r” pada hitungan jauh lebih besar dari pada nilai “r” pada tabel teoritik hal ini dapat di buktikan dengan nilai hitungan 0,993>0.230.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 08 Sep 2015 07:32 |
Last Modified: | 08 Sep 2015 07:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2128 |
Actions (login required)
View Item |