AMELIA NINGSIH, 12201173109 (2021) HUBUNGAN KEDISIPLINAN SALAT FARDHU DAN KEBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN NILAI AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (767kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (907kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (619kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (553kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (505kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Amelia Ningsih, NIM. 12201173109, 2021, skripsi dengan judul “Hubungan Kedisiplinan Salat Fardhu dan Kebiasaan Membaca Al-Qur’an dengan Nilai Akhlak Siswa Kelas VIII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungaggung (IAIN), Dosen Pembimbing Dr. Moh. Arif, M. Pd, I Kata Kunci : Salat Fardhu, Membaca Al-Qur’an, Nilai Akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh kedisiplinan salat fardhu serta kebiasaan membaca Al-Qur’an. Dalam hal ini peneliti menghubungkan setiap variabel penelitian hubungan kedisiplinan salat fardhu dan kebiasaan membaca Al-Qur’an dengan nilai akhlak siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Apakah terdapat hubungan kedisiplinan salat fardu dengan nilai akhlak siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? (2) Apakah terdapat hubungan kebiasaan membaca Al-Qur’an dengan nilai akhlak siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar? (3) Apakah terdapat hubungan kedisiplinan salat fardhu dan kebiasaan membaca Al-Qur’an dengan nilai akhlak siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar ? Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis korelasi multivariat untuk mengukur antar kombinasi variabel. Penelitian ini juga masuk ke dalam penelitian korelatif, penelitian korelatif ini yang dilakukan untuk mengetahui tingkat korelasi antara dua variabel atau lebih tanpa memanipulasi data yang di dapat. Popolasi dari penelitian ini adalah 375 siswa kelas VIII dan sampel dalam penelitian ini adalah 100 siswa dengan menggunakan teknik sampel probability sampling jenis simple random sampling. Dengan demikian, peneliti berusaha mengetahui hubungan antara kedisiplinan salat fardhu (X1) dan kebiasaan membaca Al-Qur’an (X2) dengan nilai akhlak (Y) siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Instrumen penelitian yang berbentuk: angket dan pengukuran skala likert. Teknik pengumpulan data yang berupa : angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang menggunakan: Uji Validitas, Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Korelasi Pearson dengan menggunakan bantuan SPSS Version 21. Hasil dari penelitian: (1) Berdasarkan hasil uji hipotesis kedisiplinan salat fardhu (X1) dengan nilai akhlak siswa (Y) diketahui bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara Variabel (X1) dengan Variabel (Y) dengan hasil pengujian korelasi pearson dengan hasil 0,21 masuk kriteria 0,21 s/d 0,40 yaitu korelasi lemah berkorelasi lemah tetapi dengan taraf signifikasi 0, 036 ˂ 0,05 dengan interpretasi H0 ditolak, Ha yang dinyatakan berkorelasi ada hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan salat fardhu (X1) dengan nilai akhlak siswa. (2) Berdasarkan hasil uji hipotesis kebiasaan membaca Al-Qur’an (X2) dengan nilai akhlak siswa (Y) diketahui bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara variabel (X2) dengan variabel (Y) dengan hasil pengujian korelasi pearson dengan hasil 0,226 masuk kriteria 0,21 s/d 0,40 yaitu korelasi lemah berkorelasi lemah dengan taraf signifikasi 0, 024 ˂ 0,05 dengan interpretasi yang dinayatakan ada hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan membaca Al-Qur’an (X2) dengan nilai akhlak siswa (Y). (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis kedisiplinan salat fardhu (X1) dan kebiasaan membaca Al-Qur’an (X2) dengan nilai akhlak siswa (Y). Diketahui bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara variabel (X1) dengan hasil pengujian korelasi pearson dengan hasil 0,21 masuk kriteria 0,21 s/d 0,40 yaitu korelasi lemah dengan taraf signifikasi 0, 036 ˂ 0,05 dengan interpretasi H0 ditolak, Ha yang dinyatakan berkorelasi ada hubungan positif dan signifikan dan kebiasaan membaca Al-Qur’an (X2) dengan hasil pengujian korelasi pearson dengan hasil 0,226 masuk kriteria 0,21 s/d 0,40 yaitu korelasi lemah berkorelasi lemah dengan taraf signifikasi 0, 024 ˂ 0,05 dengan interpretasi H0 ditolak Ha yang dinyatakan berkorelasi yang dinayatakan ada hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan membaca Al-Qur’an (X2) dengan nilai akhlak siswa (Y).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173109 Amelia Ningsih |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 03:13 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 03:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21405 |
Actions (login required)
View Item |