HIDAYATI, NURUL (2011) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN AWAL (Nilai UAN) DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. [ Skripsi ]
Text
A .cover, pengesahan, abstrak, persembahan, dll.doc Download (358kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (70kB) |
|
Text
BAB II baru.doc Download (156kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (163kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (192kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (34kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (37kB) |
Abstract
Kata kunci: pengetahuan awal, motivasi belajar, prestasi belajar matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pengetahuan awal sangat penting diketahui oleh seorang pengajar sebelum melakukan proses pembelajaran agar proses pembelajaran lebih efektif serta tujuan dari pembelajaran dapat tercapai. Selain pengetahuan awal ternyata motivasi belajar siswa memiliki hubungan terhadap prestasi belajar yang di capai oleh siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Menilik dari fenomena di atas peneliti menghubungkan antara pengetahuan awal dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah hubungan antara pengetahuan awal dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut? (2) Adakah hubungan antara motivasi belajar matematika siswa dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut? (3) Adakah hubungan pengetahuan awal dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya hubungan antara pengetahuan awal dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut. (2) Untuk mengetahui adanya hubungan antara motivasi belajar matematika siswa dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut. (3) Untuk Mengetahui adanya hubungan antara pengetahuan awal dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut. Adapun kegunaaan penelitian ini adalah (1) Secara teoritis: sebagai masukan atau sumbangan pikiran bagi guru dan pihak sekolah guna mencapai tingkat prestasi siswa yang lebih baik. (2) Secara praktis: (a) Sebagai bahan pertimbangan kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, agar mempunyai mutu lulusan yang diharapkan oleh lembaga dan masyarakat. (b) Sebagai pedoman bagi kepala sekolah untuk menentukan langkah selanjutnya dalam hal peningkatan mutu pendidikan baik untuk guru maupun siswa. (c) Sebagai bantuan dalam bentuk karya tulis yang perlu diketahui oleh pihak sekolah (kepala sekolah dan guru) bahwasanya standar penilaian Ujian Nasional mempunyai pengaruh dengan peningkatan mutu pendidikan. Metode Penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Jenis penelitiannya yaitu penelitian korelasional. (2) Populasi: seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut. (3) Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan jumlah sampel 70 siswa. (4) Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancara, angket dan observasi. (5) Variabel penelitianya terdiri dari dua variabel dependent: pengetahuan awal (x1) dan motivasi belajar siswa (x2) serta satu variabel independent: prestasi belajar matematika (y). (6) Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian: Hasil pengujian korelasi ganda memperoleh nilai R sebesar 0,452 yang berarti hubungan antara pengetahuan awal dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar, memiliki hubungan sedang. Hasil pengujian hipotesis dengan uji F memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (8,608 > 3,13) maka Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari pengetahuan awal dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Bahwa semakin tinggi pengetahuan awal dan motivasi belajar siswa maka akan semakin tinggi prestasi belajar matematika yang dicapai. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t memperoleh nilai thitung > ttabel (3,589 > 1,996). Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari pengetahuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 09 Sep 2015 02:01 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 02:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2143 |
Actions (login required)
View Item |