PENERAPAN MODEL PAIKEM GEMBROT ( PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN, GEMBIRA, BERBOBOT ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR PESERTA DIDIK KELAS V MI AL HIKMAH KARANGREJO, BOYOLANGU, TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2010/2011”

CHOLISOH, USTINUL (2011) PENERAPAN MODEL PAIKEM GEMBROT ( PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN, GEMBIRA, BERBOBOT ) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR PESERTA DIDIK KELAS V MI AL HIKMAH KARANGREJO, BOYOLANGU, TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2010/2011”. [ Skripsi ]

[img] Text
HALAMAN DEPAN.docx

Download (31kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB 1-5.docx

Download (614kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (183kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci :Prestasi , PAIKEM GEMBROT, Bangun Datar. Permasalahan (1) Bagaimana pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM GEMBROT dalam meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik? (2) Bagaimana prestasi belajar matematika peserta didik setelah diberikan PAIKEM GEMBROT ?. Pola penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data dalam Penelitian Tindakan ini adalah peserta didik kelas V MI Al-Hikmah Karangrejo, Boyolangu. Metode pengumpulan data (1) Tes, (2) Tugas, (3) Wawancara, (4) Observasi, (5) Catatan lapangan. Model analisis data yang digunakan yaitu model alir (Flow model) yang meliputi (1) reduksi data, (2) menyajikan data (3) menarik kesimpulan. Tujuan Penelitian (1)Untuk mengetahui cara pembelajaran menggunakan model PAIKEM GEMBROT untuk meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik kelas V MI Al Hikmah Karangrejo. (2)Untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik dengan pembelajaran menggunakan model PAIKEM GEMBROT di kelas V MI Al Hikmah Karangrejo. Hasil Penelitian secara empiris menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM GEMBROT dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada materi bangun datar. Pembelajaran ini dilakukan dengan model individu dan kelompok. Dalam hal ini, peserta didik dituntut untuk aktif, dan peserta didik diberikan keleluasaan dalam mengungkapkan ide atau gagasannya. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa pemahaman peserta didik terhadap materi bangun datar adalah baik dan peserta didik juga aktif dalam kerja kelompok serta diskusi kelompok. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada guru agar melaksanakan pembelajaran materi bangun datar dengan model PAIKEM GEMBROT karena didalam PAIKEM GEMBROT suasana belajar sangat ditekankan, sehingga prestasi peserta didik dapat meningkat. Dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM GEMBROT memiliki banyak kegunaan. Pendekatan PAIKEM GEMBROT ini terkesan seperti permainan, karena jika dibentuk kelompok, peserta didik bebas menentukan tempat posisi, tidak harus selalu di bangkunya. Selain itu dengan pendekatan ini akan tercipta persaingan yang ketat diantara peserta didik. Hal ini akan meningkatkan gairah dan motivasi peserta didik untuk lebih rajin belajar. Kelebihan pembelajaran dengan model PAIKEM GEMBROT untuk peserta didik adalah merangsang penemuan dan penyelidikan mandiri secara aktif didalam dan diluar kelas, selain itu membantu peserta didik membangun hubungan antara konsep dan ide sehingga meningkatkan apresiasi dan pemahaman. Sedang kekurangannya adalah selain waktunya cukup panjang juga menuntut guru untuk lebih melakukan evaluasi proses tidak hanya evaluasi dampak pembelajaran saja. Dari kelebihan dan kelemahan pendekatan ini, sudah sepatutnya kita mencoba untuk menerapkan pendekatan ini guna mengembangkan kompetensi yang kita miliki dan prestasi peserta didik kita.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 18 Sep 2015 03:40
Last Modified: 18 Sep 2015 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2286

Actions (login required)

View Item View Item