EFEKTIVITAS TEKNIK EXTINCTION TERHADAP PELEMAHAN PERILAKU KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA USIA SMP DI DUSUN SELOJENENG SKRIPSI

ZAHWA FATHIYYA IHSANI, 17306163051 (2020) EFEKTIVITAS TEKNIK EXTINCTION TERHADAP PELEMAHAN PERILAKU KECANDUAN GAME ONLINE PADA REMAJA USIA SMP DI DUSUN SELOJENENG SKRIPSI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (934kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (820kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (514kB)

Abstract

ABSTRAK Zahwa Fathiyya Ihsani, NIM 17306163051, Efektivitas Teknik Extinction Terhadap Pelemahan Perilaku Kecanduan Game Online Pada Remaja Usia SMP Di Dusun Selojeneng. Skripsi, Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Progam Sarjana Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Germino Wahyu Broto, M. Si. Kata Kunci : Teknik Extinction, Kecanduan Game Online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik extinction terhadap pelemahan perilaku kecanduan game online pada remaja usia SMP di Dusun Selojeneng. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalen control group design pretest posttest group design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 12 remaja yang memiliki tingkat perilaku kecanduan game online tinggi, kemudian dibagi menjadi 6 remaja sebagai kelompok eksperimen dan 6 remaja sebagai kelompok kontrol. Pengukuran tingkat perilaku kecanduan game online menggunakan uji independent samples test, hasil yang di peroleh yaitu nilai t hitung diketahui sebesar 22.666 dengan df 10 diketahui nilai t tabel sebesar 2.228, serta diketahui bahwa nilai mean kelompok eksperimen sebesar 69.50 dan nilai mean kelompok kontrol sebesar 126.67 yang menunjukan terjadinya penurunan sesudah diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen. Adapun dari hasil perhitungan menggunakan N-Gain Score untuk kelompok eksperimen 1.203,55% > 76% termasuk dalam kategori efektif. Sementara untuk rata-rata N-Gain Score kelompok kontrol adalah sebesar 13,1787% < 40% termasuk dalam katergori tidak efektif. Sehingga dapat di katakan bahwa layanan dengan teknik Extinction efektif untuk melemahkan perilaku kecanduan game online. Berdasarkan temuan penelitian, nilai rata-rata kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan mengalami penurunan kecanduan game online sehingga dapat dikatakan bahwa layanan dengan teknik Extinction efektif dalam membantu melemahkan perilaku kecanduan game online.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kenakalan Remaja
Psikologi > Psikologi sosial
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306163051 ZAHWA FATHIYYA IHSANI
Date Deposited: 04 Nov 2021 01:02
Last Modified: 04 Nov 2021 01:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23016

Actions (login required)

View Item View Item