Kode Etik Peserta Didik di Madrsah Tsanawiyah Al- Huda Kedungwaru Tulungagung

Laila, Noer Farida (2014) Kode Etik Peserta Didik di Madrsah Tsanawiyah Al- Huda Kedungwaru Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB 1 VIK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 VIK.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 VIK.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 VIK.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 VIK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (159kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Kode Etik Peserta Didik Latar belakang masalah: secara umum lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Indonesia telah merumuskan dan menerapkan kode etik peserta didik yang mengatur tentang norma-norma dan tingkah laku peserta didik. Namun kenyataannya, krisis akhlak masih banyak menimpa kalangan pelajar terlihat dengan banyaknya keluhan orang tua, ahli didik dan orang-orang yang berkecimpung dalam bidang agama berkenaan dengan ulah pelajar yang sukar dikendalikan, egois, manja, nakal, keras kepala, gaya hidup yang mewah. Memang banyak faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja ini, namun tidak terlepas dari itu pada era globalisasi, ini adab dan tingkah laku generasi muda cenderung merosot, sopan santun terhadap guru dan orang tua berkurang, hal ini dikarenakan adanya pengaruh budaya dari luar dan kemajuan teknologi, serta adanya peraturan yang dibuat justru untuk dilanggar. Jika kita amati pendidikan di madrasah yang berlabel Islam landasan moral etika dan peraturan yang mengatur perilaku peserta didik dalam memperlancar proses pembelajaran di madrasah masih kurang diperhatikan oleh peserta didik dan kurangnya kesadaran para peserta didik untuk mentaati peraturan yang ada. Dengan melihat kenyataan tersebut peneliti tertarik untuk meneliti kode etik peserta didik di madrasah Al-Huda Kedungwaru Tulungagung. Fokus Penelitian: 1) Bagaimana MTs Al-Huda Kedungwaru Tulungagung merumuskan kode etik peserta didik?, 2) Bagaimana MTs Al-Huda Kedungwaru Tulungagung melaksanakan kode etik peserta didik?, 3) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan kode etik peserta didik di MTs Al-Huda Kedungwaru Tulungagung? Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui MTs Al-Huda Kedungwaru Tulungagung merumuskan kode etik peserta didik, mengetahui MTs Al-Huda Kedungwaru Tulungagung melaksanakan kode etik peserta didik, dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan kode etik peserta didik di MTs Al-Huda Kedungwaru Tulungagung. Metode Penelitian: (1) Jenis penelitian: deskriptif kualitatif (2) Kehadiran peneliti: Peneliti hadir di madrasah Tsanawiyah Al-Huda Kedungwaru Tulungagung sebagai instrument utama penelitian. (3) Sumber Data: Informan terdiri dari Kepala Madrasah, guru, peserta didik (4) Metode Pengumpulan Data: observasi, wawancara dan dokumentasi (5) Analisis Data: analisis data kualitatif dengan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, (6) Pengecekan Keabsahan data: tringulasi. Tahap-tahap penelitian melalui tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap penyelesaian. Hasil Penelitian: (1) perumusan kode etik peserta didik melibatkan seluruh warga madrasah yaitu: Kepala madrasah, waka kesiswaan, guru an peserta didik. Bertujuan untuk menciptakan suatu aturan yang ditaati oleh peserta didik dengan dasar perumusan menggunakan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Proses penyusunan adalah melalui rapat antara pihak sekolah dan stakeholder. (2) kode etik peserta didik dilaksanakan melalui kegiatan keagamaan yang tujuannya agar peserta didik terbiasa dan dapat tertanam nilainilai yang baik dalam tingkah lakunya. Selain itu, pelaksanaan kode etik juga melalui pengawasan dari waka kesiswaan, jika peserta didik melanggar diberi sanksi, apabila peserta didik mempunyai prestasi baik maka mendapatkan penghargaan. (3) faktor pendukung pelaksanaan kode etik yaitu fasilitas yang memadai, guru yang mempunyai kompetensi yang mumpuni di bidang masingmasing dan lingkungan masyarakat sekitar madrasah yang peduli dengan keberadaan madrasah di kedungwaru itu. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu latar belakang siswa yang heterogen dan kurangnya perhatian orang tua atau wali peserta didik akan pentingnya pendidikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Dec 2014 01:33
Last Modified: 02 Dec 2014 01:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/231

Actions (login required)

View Item View Item