PENGARUH KARTU PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PGRI 02 SUMBERAGUNG TULUNGAGUNG

ADE VIRA YUVI RAMADHANTI, 12206173055 (2021) PENGARUH KARTU PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PGRI 02 SUMBERAGUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Kartu Pintar Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Siswa Usia 4-5 Tahun di TK PGRI Sumberagung Tulungagung” ini ditulis oleh Ade Vira Yuvi Ramadhanti, NIM. 12206173055, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. Pembimbing: Mirna Wahyu Agustina, M. Psi. Kata Kunci:Kartu Pintar, Kemampuan Mengenal Huruf Penelitian ini dilaksanakan di TK PGRI 02 Sumberagung. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal huruf siswa. Pendidik kurang mengembangkan media pembelajaran yang ada sehingga proses pembelajaran terkesan membosankan dan kurang diminati siswa. Kartu pintar adalah salah satu media atau alat pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf. Kartu pintar juga dapat menumbuhkan minat belaja yar siswa agar tetap produktif selama pembelajaran. Rumusan masalah dalam penulisan skripsis ini adalah 1) Adakah pengaruh kartu pintar terhadap kemampuan mengenal huruf siswa usia 4-5 tahhun di TK PGRI 02 Sumberagung 2) Seberapa besar pengaruh kartu pintar terhadap kemampuan mengenal huruf siswa usia 4-5 tahun di TK PGRI 02 Sumberagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan kartu pintar terhadap kemampuan mengenal huruf akartu pintar terhadap kemampuan mengenal huruf siswa usia 4-5 tahun. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Sekolah TK PGRI Sumberagung Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalm rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru TK PGRI Sumberagung Tulungagung, sebagai dasar untuk meningkatkan proses pembelajaran. Bagi para pembaca/ peneiti lain sebagai bahan masukan atau refrensi yang cukup bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu jenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adala 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Lembar observasi digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan mengenal huruf siswa usia 4-5 tahun di TK PGRI Sumberagung sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode dokumentasi untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan serta dokumen sekolah. Hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan antara kartu pintar dan kemampuann mengenal huruf siswa usia 4-5 tahun di TK PGRI Sumberagung Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari uji N-Gain score untuk perhitungan efektivitas kartu pintar di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah sebesar 60% termasuk dalam kategori cukup efektif, sementara nilai rata-rata untuk kelas kontrol adalah sebesar 36% termasuk dalam kategori tidak efektif. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara kartu pintar dan kemampuan mengenal huruf siswa usia 4-5 tahun di TK PGRI Sumberagung Tulungagung. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent t-test diperleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005. Kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan antara kartu pintar dan kemampuan mengenal huruf, sehingga Ho ditolah dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173055 ADE VIRA YUVI RAMADHANTI
Date Deposited: 16 Nov 2021 07:21
Last Modified: 16 Nov 2021 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23126

Actions (login required)

View Item View Item