ANALISIS PERAN UKM KERUPUK BAWANG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Kasus: UKM Moro Seneng Desa Rejosari Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar)

ANNISA ROUDLOTUL RAHMA, 12402173424 (2021) ANALISIS PERAN UKM KERUPUK BAWANG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Study Kasus: UKM Moro Seneng Desa Rejosari Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan berjudul “Analisis Peran UKM Kerupuk Bawang dalam Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Study kasus: UKM Moro Seneng Desa Rejosari Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar)” ditulis oleh Annisa Roudlotul Rahma, NIM. 12402173424, Pembimbing Dr. Nur Aziz Muslim, M.H.I. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dalam islam diwajibkan setiap umatnya bekerja dan berproduksi untuk meningkatkan kesejahteraan salah satunya dengan mendirikan UKM. UKM suatu usaha yang memiliki perkembangan paling besar dimana UKM berperan penting dalam meningkatkan perekonomian local. Seperti UKM Kerupuk Bawang Moro Seneng mengalami perkembangan usaha yang baik, Dengan perkembangan usaha yang baik tersebut upah yang didapat karyawan ada yang masih dibawah dan juga ada yang sudah diatas UMR Kabupaten Blitar. Namun berdirinya UKM Moro Seneng memberikan kontribusi bagi masyarakat terutama pada karyawan yakni menciptakan lapangan pekerjaan yang mana dapat membantu meningkatkan perekonomian bagi karyawan. Fokus penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaiman peran UKM kerupuk bawang Moro Seneng dalam meningkatkan kesejahteraan Karyawan di Desa Rejosari Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar?. 2) Bagaimana peran UKM kerupuk bawang Moro Seneng dalam meningkatkan kesejahteraan Karyawan di Desa Rejosari Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar menurut perspektif ekonomi islam?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa UKM kerupuk bawang Moro Seneng memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya karyawan yakni memberikan lapangan pekerjaan, yang mana dengan tersedianya lapangan pekerjaan membatu mereka mendapatkan pekerjaan tetap. Serta dapat meningkatkan pendapatan karyawan, dimana karyawan merasakan adanya peningkatan pendapatan setelah bekeja di Moro Seneng. Sedangkan Peran UKM kerupuk bawang Moro Seneng menurut perspektif ekonomi islam dapat dilihat dari segi produksi yakni menyediakan sesuatu yang bermanfaat berupa barang dan jasa serta kegiatan produksi juga sesuai yang ditetapkan dalam islam sehingga mampu meningkatkan kesejahteran dalam pandangan islam yaitu terpenuhinya konsumsi dan terpenuhinya rasa aman dan nyaman Kata Kunci: Peran UKM, Kesejahteraan Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173424 Annisa Roudlotul Rahma
Date Deposited: 06 Dec 2021 02:43
Last Modified: 06 Dec 2021 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23379

Actions (login required)

View Item View Item