FITRI NURUL LATIFAH, 12401173168 (2021) RESTRUKTURISASI PRODUK PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA KREDIT USAHA RAKYAT DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia (Eks BRI Syariah) Kantor Kas Tulungagung Trade Center). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Restrukturisasi Produk Pembiayaan Bermasalah pada Kredit Usaha Rakyat di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia (Eks BRI Syariah) Kantor Kas Tulungagung Trade Center)” yang ditulis oleh Fitri Nurul Latifah, NIM. 12401173168, Pembimbing Mochamad Chobir Sirad, M.Pd.I Penelitian ini dilatarbelakangi terjadinya pandemi covid-19 mengakibatkan perbankan syariah harus melakukan cara agar dapat meringankan pembiayaan yang bermasalah bagi nasabah yang terdampak. Upaya yang dilakukan Bank Syariah dalam rangka membantu nasabah agar dapat menyelesaikan kewajibannya salah satu melakukan Restrukturisasi pembiayaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui restrukturisasi terhadap pembiayaan nasabah Kredit Usaha Rakyat termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah yang terdampak covid-19. Berdasarkan Fokus Penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah : 1). Bagaimana restrukturisasi produk pembiayaan bermasalah pada Kredit Usaha Rakyat di masa pandemi covid-19? 2). Bagaimana restrukturisasi produk pembiayaan bermasalah pada Kredit Usaha Rakyat di masa pandemi covid-19 berdasarkan prinsip syariah? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh dari data primer yaitu data yang bersumber dari hasil penelitian lapangan meliputi wawancara dengan pihak bank dan nasabah, serta data sekunder diperoleh dari buku referensi, jurnal, dan website lembaga penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1). Restrukturisasi produk pembiayaan bermasalah pada Kredit Usaha Rakyat di masa pandemi covid-19 dilakukan dengan reconditioning (persyaratan kembali) yaitu upaya yang dilakukan untuk membantu menyelamatkan pembiayaan bermasalah dengan cara mengubah sebagian kondisi yang semula disepakati. 2). Restrukturisasi produk pembiayaan bermasalah pada Kredit Usaha Rakyat di masa pandemi covid-19 harus berpedoman pada prinsip kehati-hatian yang bersifat universal yang berlaku di perbankan, serta sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan perbankan syariah di Indonesia dengan tetap berpedoman pada prinsip syariah. Di Eks BRI Syariah tidak semua mendapatkan restrukturisasi, hanya nasabah yang memenuhi kriteria dan untuk pembiayaan dengan kualitas Kurang Lancar, Diragukan, dan Macet. Kata Kunci : Restrukturisasi, Pembiayaan bermasalah, Kredit usaha rakyat, Pandemi Covid-19
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Ekonomi > Kredit Pandemi Ekonomi > Pembiayaan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | S1 12401173168 FITRI NURUL LATIFAH |
Date Deposited: | 10 Dec 2021 03:59 |
Last Modified: | 10 Dec 2021 03:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/23484 |
Actions (login required)
View Item |