SISTUPANI, SISTUPANI (2011) LANGKAH-LANGKAH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMPN IV PANGGUL TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
BAB 1.doc Download (70kB) |
|
Text
BAB III L.doc Download (72kB) |
|
Text
BAB IIL.doc Download (129kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (124kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (39kB) |
|
Text
Cover.doc Download (189kB) |
|
Text
DAftar Pustaka.doc Download (32kB) |
|
Text
HALAMAN DEPAN SIS.doc Download (143kB) |
Abstract
Sistupani, Langkah-langkah Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di SMPN IV Panggul, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing Prof. Fatoni, M.Ag Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena upaya guru dalam memberikan suatu rangsangan yang tepat bagi para siswa untuk meningkatkan kemandirian belajar. Pembelajaran mandiri dapat memberikan kebebasan kepada siswa untuk menemukan bagaiman kehidupan akademik sesuai dengan kehidupan mereka sehari-hari. Fokus penelitian ini adalah:1)Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMPN IV Panggul Tulungagung? 2) Apa yang menjadi faktor pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMPN IV Panggul? 3) Apa yang menjadi faktor penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di? SMPN IV Panggul Adapun tujuan dari penelitian ini adalah.1) Untuk mengetahui pengarahan dan motivasi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di \ SMPN IV Panggul\ 2) Untuk mengetahui faktor pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di \ SMPN IV Panggul \. . 3) Untuk mengetahui faktor penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di \ SMPN IV Panggul Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah dipahami dan disimpulkan. Setelah data dianalisis, maka penelitian ini menghasilkan: 1) Upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam rangka meningkatkan kemandirian belajar di SMPN IV Panggul berjalan cukup baik. Hal ini terlihat adanya usaha yang sungguh- sungguh dari pihak guru untuk mensuport siswanya agar tidak bosan untuk belajar yang semuanya ditujukan dalam sebuah usahanya yaitu: pertama melalui pembiasaan yang dalam hal ini memicu aspek afektifnya. 2) Upaya guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa, ada beberapa faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh guru PAI di SMPN IV Panggul.Adapun faktor pendukung tersebut meliputi adanya minat belajar dari anak didik, fasilitas yang dapat menunjang, adanya kagiatan ekstra yang menambah semangat belajar anak didik. Hambatan-hambatan yang dialami guru PAI dalam meningkatkan kemandirian belajar anak didik yaitu kurangnya kesadaran anak didik akan pentingya belajar mandiri dan keadaan lingkungan keluarga yang tidak memperhatikan secara maksimal karena terbengkalai dengan kondisi ekonomi yang kurang dengan di sibukkan mencari nafkah sehingga kurang begitu mengontrol dan memberi arahan kepada anaknya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 28 Sep 2015 07:09 |
Last Modified: | 28 Sep 2015 07:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2409 |
Actions (login required)
View Item |