STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PEMBERDAYAAN GURU PAI DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG

KHAMDANI, AHMAD (2011) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PEMBERDAYAAN GURU PAI DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (56kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (186kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (75kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (172kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (34kB)
[img] Text
COVER DAN.doc

Download (317kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (37kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Hakim, Amrul. 2011, Strategi Guru BK (Bimbingan Konseling) dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja (Studi Kasus Di MTs As-Safi’iyah Gondang) Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam STAIN Tulungagung, Pembimbing: Hj. Elfi Mu’awanah, M.Pd Kata-kata kunci: Strategi Guru BK, Kenakalan Remaja Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi akhir-akhir ini kenakalan remaja semakin menarik perhatian. Salah satu perilaku yang cukup memprihatinkan semua pihak adalah kebebasan seksual yang dilakukan kawula muda dengan segala dampak negatifnya sehingga menanggulangi taraf ketentraman dan kebahagiaan hidup bermasyarakat. Kebebasan seksual bukan harus berarti bebas dalam hal melakukan hubungan seksual. Akan tetapi hal-hal yang terkait atau dapat menyebabkan terjadinya praktek hubungan seks seperti melihat VCD, Film biru, majalah tabloid porno pergaulan bebas, serta hal-hal yang dilakukan siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi adalah: 1) Bagaimana pendekatan yang dilakukan guru BK dalam menanggulangi kenalan remaja khususnya kebebasan seksual di MTs As-Safi’iyah Gondang? 2) Bagaimana strategi guru BK dalam menanggulangi kenakalan remaja khususnya kebebasan seksual di MTs As-Safi’iyah Gondang? 3) Bagaimana Peran Guru BK dalam Menanggulangi kenakalan remaja khususnya kebebasan seksual di MTs As-Syafi’iyah Gondang? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Pembahasan hasil penelitian, 1) Pendekatan yang dilakukan guru BK dalam menanggulangi kenalan remaja khususnya kebebasan seksual di MTs As-Safi’iyah Gondang. Pendekatan guru BK dalam menanggulangi kenakalan remaja di kalangan siswa MTs As-Syafi’iyah Gondang Tulungagung adalah dengan melakukan pendekatan sesuai dengan pendekatan-pendekatan yang dilakukan oleh para ahli yaitu melalui pendekatan krisis, pendekatan remedial, pendekatan preventif disesuaikan dengan kondisi siswa yang mengalami permasalahan. 2) Strategi guru BK dalam menanggulangi kenakalan remaja khususnya kebebasan seksual di MTs As-Safi’iyah Gondang adalah: (a) pelanggaran-pelanggaran yang terjadi pada siswa langsung diberi hukuman yang sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. (b) pengawasan yang maksimal baik di sekolah, di rumah dan lingkungan sekitar. (c) memberikan pendidikan seks di sekolah melalui mata pelajaran Biologi Sedangkan di dalam keluarga mengajarkan pendidikan seks sebaiknya dibingkai dengan nilai akhlak dan etika Islam, agar anak mengetahui fungsi organ seks, tanggungjawabnya, halal haram yang berkaitan dengan organ seks, dan panduan menghindari penyimpangan prilaku seksual pada anak. (d) mengadakan pertemuan penyuluhan dengan guru BK dan orang tua dalam membahas penanggulangan kebebasan seksual di kalangan siswa agar tercapai tujuan yang diinginkan bersama, yaitu siswa yang berakhlakul karimah. 3) Peran guru BK dalam Menanggulangi kenakalan remaja khususnya kebebasan seksual di MTs As-Syafi’iyah Gondang adalah a) membantu memasyarakatkan pelayanan bimbingn dan konseling kepada siswa, b) membantu guru pembimbing/konselor mengidentifikasi siswa-siswa yang memerlukan layanan bimbingan dan konseling, serta mengumpulkan data tentang siswa-siswa tersebut, c) mengalihtangankan siswa yang memerlukan pelayanan bimbingan dan konseling kepada guru pembimbing/konselor, d) menerima siswa alih tangan dari guru pembimbing memerlukan pelayanan khusus. e) memberikan kesempatan dan kemudahan kepada siswa yang memerlukan bimbingan konseling, f) berpartisipasi dalam kegiatan khusus penanganan masalah siswa, g) membantu mengumpulkan informasi yang diperlukan dalam rangka penilaian pelayanan bimbingan dan konseling serta upaya tindak lanjutnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 29 Sep 2015 03:18
Last Modified: 29 Sep 2015 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2422

Actions (login required)

View Item View Item