PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH PADA ANAK DIDIK PAUD PELANGI BANGSA DESA SUMBEREJOWETAN DI MASA PANDEMI COVID-19

TRI MAYA PUSPAWATI, 12206173100 (2021) PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH PADA ANAK DIDIK PAUD PELANGI BANGSA DESA SUMBEREJOWETAN DI MASA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pendampingan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar dari Rumah pada Anak Didik PAUD Pelangi Bangsa Desa Sumberejowetan di Masa Pandemi Covid-19” ini ditulis oleh Tri Maya Puspawati, NIM 12206173100, pembimbing Dr. Luluk „Atirotu Zahroh, M.Pd. Kata kunci: Pendampingan Orang Tua, Belajar dari Rumah, Masa Pandemi Covid-19 Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi hasil wawancara yang peneliti lakukan di lembaga PAUD Pelangi Bangsa desa Sumberejowetan pada masa Pandemi Covid-19, yang menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran di PAUD Pelangi Bangsa di masa pandemi covid-19 berbeda pelaksanaannya dengan sebelum terjadinya pandemi, yaitu dilaksanakan dari rumah secara online. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran semacam ini baru pertama kali di lembaga ini, sehingga di awal pelaksanaannya banyak dijumpai kendala. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran pada anak usia dini masih sangat membutuhkan pendampingan penuh dari orang dewasa, dimana sebelumnya dilaksanakan di sekolah bersama guru, namun harus dilaksanakan di rumah dengan pendampingan dari orang tua. Selain hal tersebut, anak menganggap bahwa kegiatan belajar di rumah bukanlah belajar karena dilakukan dengan orang tuanya bukan dengan gurunya. Kendala biaya dalam mengakses internet juga menjadi masalah bagi orang tua pada awal penerapan kegiatan belajar dari rumah di PAUD Pelangi Bangsa. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pendampingan orang tua dalam kegiatan belajar dari rumah pada anak didik PAUD Pelangi Bangsa di masa pandemi covid-19? 2) Bagaimana implementasi pendampingan orang tua dalam kegiatan belajar dari rumah pada anak didik PAUD Pelangi Bangsa di masa pandemi covid-19? 3) Bagaimana implikasi pendampingan orang tua dalam kegiatan belajar dari rumah pada anak didik PAUD Pelangi Bangsa di masa pandemi covid-19? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, data penelitian dideskripsikan dalam bentuk naratif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah 1) Perencanaan pendampingan orang tua dalam kegiatan belajar dari rumah pada anak didik PAUD Pelangi Bangsa di masa pandemi covid-19 adalah guru menyiapkan RPPM darurat covid-19 dan membentuk grup whatsapp sebagai media komunikasi dengan para wali murid selama pelaksanaan kegiatan pendampingan belajar. Adapun orang tua dalam tahap ini menyiapkan waktu pendampingan belajar untuk anak serta sarana prasarana yang diperlukan oleh anak untuk melakukan kegiatan belajar dari rumah. 2) Implementasi pendampingan orang tua dalam kegiatan belajar dari rumah pada anak di masa pandemi covid-19 dibagi dalam tiga tahapan yaitu : pra pembelajaran, saat pembelajaran, dan setelah pembelajaran. 3) Implikasi kegiatan pendampingan orang tua adalah anak menjadi lebih mandiri, disiplin, percaya diri, lebih bersemangat dalam mengerjakan setiap tugas belajar, tugas belajar mingguan dapat terselesaikan tepat waktu, pengumpulan tugas belajar mingguan tepat waktu, serta kedekatan hubungan orang tua dan anak semakin erat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pandemi
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173100 TRI MAYA PUSPAWATI
Date Deposited: 24 Jan 2022 08:55
Last Modified: 24 Jan 2022 08:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/24357

Actions (login required)

View Item View Item