PENGARUH SINETRON TELEVISI TERHADAP PRILAKU SISWA MAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN 2008/2009

ABSHOR, MOCH. ULIL (2009) PENGARUH SINETRON TELEVISI TERHADAP PRILAKU SISWA MAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN 2008/2009. [ Skripsi ]

[img] Text
Skripsi jadi Ulil.doc

Download (536kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Latar Belakang : Televisi merupakan media komunikasi paling efektif untuk menyampaikan pesan dan mempengaruhi orang lain. Jika mengamati setiap keluarga yang ada, maka salah satu barang pokok yang ada di setiap keluarga adalah televisi.. Acara yang mendominasi di stasiun televisi adalah sinetron kecuali stasiun tv yang memiliki genre khusus seperti Metro TV. Secara umum, hampir sebagian besar slot waktu stasiun TV didominasi oleh sinetron. Sinetron yang sekarang ini merajai hampir seluruh stasiun televisi swasta lebih banyak menghadirkan kehidupan mewah, yang sangat jarang ditemui di dalam kehidupan nyata. Sinetron juga lebih cenderung mengarah pada tayangan yang berbau kekerasan (sadisme), pornografi, mistik, dan kemewahan. Permasalahan : 1. Bagaimana pengaruh sinetron televisi terhadap prilaku siswa dengan siswa (teman) ?, 2. Bagaimana pengaruh sinetron televisi terhadap prilaku siswa dengan guru?, 3. Bagaimana pengaruh sinetron televisi terhadap prilaku siswa dengan orang tua?. Tujuan Penelitian : 1. Untuk mengetahui pengaruh sinetron televisi terhadap prilaku siswa antar siswa (teman); 2. Untuk mengetahui pengaruh sinetron televisi terhadap prilaku siswa dengan guru; 3. Untuk mengetahui pengaruh sinetron televisi terhadap prilaku siswa dengan orang tua. Metode Penelitian : Pola penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Variabel Penelitian : tunggal, yaitu peranan kemampuan berbahasa siswa dalam proses belajar mengajar siswa. Sumber data : 1. Primer : siswa, 2. Sekunder : dokumentasi, serta arsip-arsip. Populasi : seluruh siswa MAN Rejotangan berjumlah 520 siswa. Sampling : Area Purposive Quota Sampling. Sampel : 36 siswa. Metode dan Instrumen pengumpulan data : observasi, wawancara, dokumentasi, angket. Analisis data : untuk menganalisa data yang bersifat Kualitatif digunakan metode Induktif dan metode Deduktif, dan data yang bersifat kuantitatif dianalisa dengan menggunakan statistik yang bermetode prosentase. Hasil Penelitian : 1. Pengaruh sinetron televisi terhadap prilaku siswa dengan siswa (teman) berpengaruh negatif,; 2. Pengaruh sinetron televisi terhadap prilaku siswa dengan guru berpengaruh terhadap prilaku anak kepada guru ; 3. Pengaruh sinetron televisi terhadap prilaku siswa dengan orang tua berpengaruh terhadap prilaku anak kepada orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 30 Sep 2015 02:45
Last Modified: 30 Sep 2015 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2447

Actions (login required)

View Item View Item