ANALISIS MANAJEMEN BUMDES BAROKAH AGUNG DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DESA DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Desa Domasan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung)

ANA KHUMAIROH, 12402173161 (2022) ANALISIS MANAJEMEN BUMDES BAROKAH AGUNG DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DESA DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Desa Domasan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Manajemen BUMDes Barokah Agung Dalam Meningkatkan Perekonomian Desa Ditinjau Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Desa Domasan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung)” yang ditulis oleh Ana Khumairoh, NIM 12402173161, pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya BUMDes di Indonesia yang kurang efektif dalam menerapkan manajemen untuk meningkatkan perekonomian di desa. Untuk mewujudkan manajemen BUMDes yang efektif tersebut, peran BUMDes dan masyarakat sangat diperlukan. Di dalam Skripsi ini yang peneliti ingin menjabarkan mengenai manajemen BUMDes dalam meningkatkan perekonomian desa, yang terdiri dari 1) Bagaimana manajemen BUMDes Barokah Agung dalam meningkatkan perekonomian di Desa Domasanditinjau dari perspektif ekonomi Islam, 2) Apa faktor pendukung manajemen BUMDes Barokah Agung dalam meningkatkan perekonomian di Desa Domasan, 3) Apa faktor penghambat manajemen BUMDes Barokah Agung dalam meningkatkan perekonomian di Desa Domasan. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisa manajemen BUMDes Barokah Agung dalam meningkatkan perekonomian di Desa Domasan, Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung, (2)Untuk menganalisa faktor pendukung manajemen BUMDes Barokah Agung dalam meningkatkan perekonomian di Desa Domasan, Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung ditinjau dari perspektif ekonomi Islam, (3) Untuk menganalisa faktor penghambat manajemen BUMDes Barokah Agung dalam meningkatkan perekonomian di Desa Domasan, Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan menggunakan metode observasi dan wawancara di lapangan. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, paparan data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program yang saat ini dikerjakan BUMDes dalam meningkatkan perekonomian masyarakat adalah perdagangan dan pembudidayaan ikan. Adapun manajemen yang dilakukan BUMDes Barokah Agung di Desa Domasanyaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dalam meningkatkan perekonomian desa sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Islam yaitu memaslahatkan umat dengan berpedoman pada etika ekonomi islam yaitu jujur, adil, dan bertangungjawab. Kata Kunci: Manajemen, BUMDes, Perekonomian Desa, Ekonomi Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bumdes
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402173161 ANA KHUMAIROH
Date Deposited: 25 Feb 2022 07:42
Last Modified: 25 Feb 2022 07:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25054

Actions (login required)

View Item View Item