DWI WAFDA BURHANI, 12310173024 and NURUL SETYAWATI HANDAYANI, 2013099201 (2021) PENGARUH PENDIDIKAN PEMUSTAKA TERHADAP PERILAKU PEMUSTAKA DALAM PENELUSURAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN IAIN KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
Pengaruh Pendidikan Pemustaka Terhadap Perilaku Pemustaka Dalam Penelusuran Informasi Di Perpustakaan IAIN Kediri.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRACT Intoduction. User education is the basic knowledge that users must acquire in order to know the services availabel in the library and to accurately track the essential information provided by the library. This study aims to determine the effect of user education on behavior when searching for information in a library, as some useres are unaware of available services and do not have access to necessary information. Data Collection Method. In this study, a quantitative research method and data collection method were used through a survei of 85 respondents. Data Analysis. The resulting data we descriptively analyzed using IMB SPSS v26 software to perform normality tests, linearity tests, and simple linear regression test. Results and Discussion. The authors performed the normality test and found that the data followed a normal distribution, the result of the linearity test showed a linear relationship, and the result of the simple linear reggresion test showed that the data showed a significant relationship. With values of 59,9% and 40,1% respectively. There is a positive effect on the other parameters. And a sig value of 0,00 < 0,05, H0 is rejected and Ha is accepted. Conclusion. Therefore, user education significantly affects user behavior in information acquistion and has a positive relationship. In other word, information retrival behavior is more accurate and faster when users have more knowladge of learning. Research on the same subject can be done byy adding test rigs for further study or by adding related theories. Keyword: library, user education, information retrieval mode ABSTRAK Pendahuluan. Pendidikan pemustaka merupakan pengetahuan yang perlu dikuasai supaya mengetahui layanan perpustakaan dan dapat dengan tepat menelusuri informasi yang dibutuhkan di perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan pemustaka terhadap perilaku penelusuran informasi pemustaka karena terdapat beberapa pemustaka tidak mengetahui layanan yang tersedia dan tidak dapat mengakses informasi yang dibutuhkan. Metode Penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dengan 85 responden. Data Analisis. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan bantuan program IMB SPSS v26 untuk melakukan uji normalitas, uji linearitas, serta uji regresi linear sederhana. Hasil dan Pembahasan. Penulis melakukan uji normalitas didapatkan hasil data berdistribusi normal, hasil uji linearitas terdapat hubungan linear, serta hasil uji regresi linear sederhana memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai sebesar 59,9% dan 40,1% oleh variabel lain dan berpengaruh positif. Serta melakukan uji hipotesis dengan hasil nilai sig sebesar 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak serta Ha diterima. Kesimpulan dan Saran. Jadi pendidikan pemustaka memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pemustaka dalam penelusuran. informasi dan memiliki hubungan positif, apabila pendidikan pemustaka dikuasai dengan baik maka perilaku penelusuran informasi yang dilakukan juga semakin tepat dan cepat. Untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan tema yang sama dengan menambah alat uji atau menambah teori yang relevan. Kata kunci: Perpustakaan, Pendidikan pemustaka, Perilaku Penelusuran Informasi
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Perpustakaan Ilmu Perpustakaan > Layanan Perpustakaan Ilmu Perpustakaan > Pemustaka Ilmu Perpustakaan > Perpustakaan Perguruan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam |
Depositing User: | 12310173024 DWI WAFDA BURHANI |
Date Deposited: | 11 Mar 2022 00:28 |
Last Modified: | 11 Mar 2022 00:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25190 |
Actions (login required)
View Item |