KEMAMPUAN SELF CONTROL MAHASISWA DITINJAU DARI PERILAKU IMPULSIVE BUYING TERHADAP PRODUK FASHION

DITA RIZKYA ELNINA, 12308173009 (2022) KEMAMPUAN SELF CONTROL MAHASISWA DITINJAU DARI PERILAKU IMPULSIVE BUYING TERHADAP PRODUK FASHION. [ Skripsi ]

[img] Text
KEMAMPUAN SELF CONTROL MAHASISWA DITINJAU DARI PERILAKU IMPULSIVE BUYING TERHADAP PRODUK FASHION.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)

Abstract

Abstract Humans have endless needs, including in terms of shopping. Currently, shopping is not only to fulfill basic needs, but also to fulfill a lifestyle. Shopping without consideration is a common thing in late teens or early adults, especially college students. The purpose of this research is to find out how big the role of self-control towards individuals who experience impulsive buying behavior in students. This study uses quantitative research with a sample of 389 respondents with criteria for active undergraduate students, aged 17-25 years, and likes to buy fashion products (both online and offline). The data collection technique used a self-control and impulsive buying scale that had been tested for validity and reliability. The results of the hypothesis test state that the value of t count = -24.100 with a significant value of 0.000 <0.05 and an R Square value of 0.600 which means that there is a significant effect of the self-control variable (X) on impulsive buying (Y) by 60%. In other words, self control affects the impulsive buying behavior of fashion products in students. The higher the individual's ability to apply self-control, the lower the possibility of individuals experiencing impulsive buying behavior. On the other hand, the lower the individual's ability to apply self-control, the higher the probability of the individual experiencing impulsive buying behavior. Keywords: Fashion; Impulsive Buyin; Shopping; Self Control Abstrak Manusia memiliki kebutuhan yang tidak ada ujungnya termasuk dalam hal berbelanja. Saat ini berbelanja bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja, melainkan juga untuk memenuhi gaya hidup. Berbelanja tanpa pertimbangan merupakan hal yang biasa terjadi pada remaja akhir ataupun dewasa awal khususnya para mahasiswa. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar peranan kontrol diri terhadap individu yang mengalami perilaku impulsive buying pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 389 responden dengan kriteria mahasiswa aktif program sarjana, berusia 17-25 tahun, dan suka membeli produk fashion (baik online maupun offline). Teknik pengumpulan data menggunakan skala self control dan mpulsive buying yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil dari uji hipotesis menyatakan bahwa nilai t hitung = -24,100 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai R Square sebesar 0,600 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel self control (X) terhadap impulsive buying (Y) sebesar 60%. Dengan kata lain, , self control mempengaruhi perilaku impulsive buying terhadap produk fashion pada mahasiswa. Semakin tinggi kemampuan individu dalam menerapkan self control, maka semakin rendah kemungkinan individu mengalami perilaku impulsive buying. Sebaliknya, semakin rendah kemampuan individu dalam menerapkan self control, maka semakin tinggi kemungkinan individu mengalami perilaku impulsive buying. Kata kunci: Fashion; Impulsive Buying; Belanja; Self Control

Item Type: Skripsi
Subjects: Jurnal
Psikologi
Psikologi > Psikologi klinis
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: dita rizkya
Date Deposited: 17 Mar 2022 01:18
Last Modified: 25 Mar 2022 04:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25230

Actions (login required)

View Item View Item