NUR ‘AINI, ELYA (2008) UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI MTsN PULOSARI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
ABSTRAK.doc Download (141kB) |
|
Text
BAB 1.doc Download (65kB) |
|
Text
BAB 2.doc Download (172kB) |
|
Text
BAB 3.doc Download (52kB) |
|
Text
BAB 4.doc Download (186kB) |
|
Text
BAB 5.doc Download (30kB) |
|
Text
Rujukan & Lampitan.doc Download (44kB) |
Abstract
Elya Nur ‘Aini, 2008, NIM: 3211043012, dengan judul “Upaya Guru Al-Qur’an Hadits dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Luluk Atirotu Zahro, M.Pd. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Membaca Al-Qur’an. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam pada masa kini yang dihadapkan pada tantangan zaman yang lebih berat diantaranya adalah maraknya berbagai macam teknologi yang semakin canggih yang tidak secara langsung dapat mempengaruhi perkembangan mental dan pola pikir manusia. Dalam menghadapi tantangan terebut, di MTsN Pulosari seorang guru khususnya guru Al-Qur’an Hadits berupaya semaksimal mungkin untuk dapat memberikan dorongan/motivasi kepada siswanya untuk tidak meninggalkan ajaran Islam seperti belajar membaca Al-Qur’an yang sekarang ini mulai luntur dikalangan anak-anak remaja. Sehingga kader-kader Islam diharapkan di masa depan memiliki ketangguhan IMTAQ seiring dengan perkembangan IPTEK yang pesat. Yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung? (2) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung. Skripsi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan dunia pendidikan pada umumnya untuk bahan referensi dalam rangka upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an. Di MTsN Pulosari Ngunut Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran baik bagi para guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, lalu dianalisis secara induktif. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa: 1). Adapun upaya guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an di MTsN Pulosari bentuknya meliputi: Melalui pembiasaan, pemberian poin/nilai, pemberian penghargaan/riward, pemberian hukuman, serta adanya bimbingan. 2). Ada beberapa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat guru Al-Qur’an Hadits dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an di MTsN Pulosari yaitu: (a) Faktor Pendukung: Adanya minat dari anak didik untuk mau belajar membaca Al-Qur’an, tersedianya fasilitas/ sarana dan prasarana yang dapat menunjang belajar membaca Al-Qur’an, adanya ekstra tilawatil qur’an untuk siswa yang mempunyai minat maupun kemampuan dalam hal baca Al-Qur’an. (b) Faktor Penghambat: Kurang adanya kesadaran anak didik akan pentingnya belajar membaca Al-Qur’an, lingkungan dan keadaan ekonomi keluarga yang rendah sehingga anak didik tidak mendapat perhatian dan kontrol dari orang tua untuk belajar membaca Al-Qur’an
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 16 Oct 2015 02:58 |
Last Modified: | 16 Oct 2015 02:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2529 |
Actions (login required)
View Item |