STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA IKAN HIAS GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA BOYOLANGU (Studi Kasus POKDAKAN Tirta Kencana Agung Desa Boyolangu)

PUTRI FATMA ROSAJENAR, 12402173206 (2022) STRATEGI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA IKAN HIAS GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA BOYOLANGU (Studi Kasus POKDAKAN Tirta Kencana Agung Desa Boyolangu). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (303kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Budidaya Ikan Hias Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Boyolangu (Studi Kasus Pokdakan Tirta Kencana Agung Desa Boyolangu)” yang ditulis oleh Putri Fatma Rosajenar, NIM. 12402173206, pembimbing Syamsul Umam, S.H.I., M.H. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemberdayaan masyarakat guna untuk mencapai kesejahteraan sosial terutama dibidang pereokonomian yang belum berjalan dengan baik. Dampak yang terjadi yaitu meningkatnya angka kemiskinan dan juga pengangguran. Dengan kondisi yang seperti itu maka perlu melakukan perubahan terhadap masyarakat Desa Boyolangu, terutama pada SDM nya. Untuk mengatasi kondisi yang seperti itu masyarakat melakukan usaha budidaya ikan hias mas koki, guna meningkatkan perekonomian mereka, dan untuk memaksimalkan produksi ikan hias dilakukanlah program pemberdayaan masyarakat yang saat ini telah dilakukan oleh Kelompok Budidaya Ikan (POKDAKAN) Tirta Kencana Agung yang berada di Desa Boyolangu. Fokus penelitiannya adalah bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan hias dalam Kelompok Budidaya Ikan Tirta Kencana Agung di Desa Boyolangu, lalu dampak dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat terhadap peningkatan perekonomian masyarakat, serta solusi yang dilakukan untuk meminimalisir adanya dampak negatif yang mungkin terjadi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangakan sumber data yang diperoleh dari hasil pengamatan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan melalui tahap pemilihan hal pokok dan hal penting di lapangan, sehingga pemaparan data bisa dipahami pada kasus yang saat itu di teliti. Terakhir dengan menyimpulkan memperoleh tujuan dari sebuah penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan POKDAKAN Tirta Kencana Agung dalam pemberdayaan masyarakat ini yaitu dengan memberikan motivasi, melakukan sosialisasi dan pelatihan kemampuan, serta pendampingan yang dilakukan bersama Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung, serta diadakannya mitra kerja. Dampak yang terjadi dengan adanya pemberdayaan masyarakat ini adalah perbaikan kelembagaan, perbaikan usaha, perbaikan pendapatan, perbaikan lingkungan, perbaikan kehidupan dan perbaikan masyarakat. Kendala yang dihadapi yaitu ketika bibit dan pakan yang sulit didapat dan harganya sangat mahal, lalu cuaca yang sering tidak menentu yang meyebabkan ikan kurang nafsu makan dan jika terlalu panas ikan bisa loncat keluar dari kolam, solusinya dengan pemberian vitamin semaksimal mungkin, pakan yang lebih sering, rutin mengganti air, serta pemberian jaring di atas kolam. Kata Kunci: Strategi Pemberdayaan, Budidaya Ikan hias, Peningkatan Ekonomi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173206 Putri Fatma Rosajenar
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:31
Last Modified: 11 Apr 2022 02:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25388

Actions (login required)

View Item View Item