PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 MENURUT HUKUM POSITIF DAN SIYASAH SYAR’IYYAH (Studi Kasus Pada Pelaku Usaha di Desa Nglumpang Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo)

NAZILA ATHFI RAHMADINA, 12103183016 (2021) PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI COVID-19 MENURUT HUKUM POSITIF DAN SIYASAH SYAR’IYYAH (Studi Kasus Pada Pelaku Usaha di Desa Nglumpang Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (431kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (621kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nazila Athfi Rahmadina, NIM 12103183016, Penerapan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 Menurut Hukum Positif Dan Siyasah Syar’iyyah (Studi Kasus Pada Pelaku Usaha di Desa Nglumpang Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo), Jurusan Hukum Tata Negara, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2021, Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag Kata kunci: Covid-19, protokol kesehatan, pelaku usaha, Siyasah Syar’iyyah, Peraturan Bupati Ponorogo Nomor 109 Juncto 123 Tahun 2020. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan maraknya kasus Covid-19 yang mewajibkan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di era new normal. Pelaku usaha di Desa Nglumpang mulai mengabaikan penerapan protokol kesehatan sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Bupati Ponorogo Nomor 109 Tahun 2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19 oleh pelaku usaha di Desa Nglumpang Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo? 2) Bagaimana penerapan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19 oleh pelaku usaha di Desa Nglumpang Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo menurut hukum positif? 3) Bagaimana penerapan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19 oleh pelaku usaha di Desa Nglumpang Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo berdasarkan Siyasah Syar’iyyah?. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dan metode deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 oleh pelaku usaha di Desa Nglumpang Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo belum maksimal, dengan banyaknya pelaku usaha dan konsumen yang masih bersikap abai terhadap penerapan protokol kesehatan. 2) Penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 oleh pelaku usaha di Desa Nglumpang Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo menurut Peraturan Bupati Ponorogo Nomor 109 Tahun 2020 Juncto Nomor 123 Tahun 2020 belum berjalan secara efektif, terdapat dua faktor penghambat, faktor dari pelaku usaha dan masyarakat itu sendiri, yaitu minimnya pemahaman terhadap bahaya Covid 19 dan pentingnya menerapkan protokol kesehatan, kemudian faktor dari pemerintah desa, yaitu kurangnya edukasi dan sosialisasi serta kurangnya tindakan tegas dari pemerintah desa terhadap pelanggaran oleh pelaku usaha. 3) Penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 oleh pelaku usaha di Desa Nglumpang Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo berdasarkan Siyasah Syar’iyyah, peraturan tersebut dibuat oleh Ulil Amri dengan tujuan kemaslahatan umat, dengan tidak menerapkan protokol kesehatan berarti tidak mematuhi Ulil Amri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Hukum > Hukum Tata Negara
Pandemi
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103183016 NAZILA ATHFI RAHMADINA
Date Deposited: 01 Apr 2022 02:49
Last Modified: 01 Apr 2022 02:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/25474

Actions (login required)

View Item View Item