MUHAMAD IRFAN ZAKARIA, 12301173020 and UBAIDILLAH, 3510050211860002 (2023) TAFSIR GENDER Q.S AN-NISA: 1, 3, 34, 129 PERSPEKTIF HUSEIN MUHAMMAD DAN NASARUDDIN UMAR. [ Skripsi ]
Text
TAFSIR GENDER Q.S AN-NISA 1, 3, 34, 129 PERSPEKTIF HUSEIN MUHAMMAD DAN NASARUDDIN UMAR .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Problematika gender yang tidak kunjung selesai disebabkan oleh interpretasi yang kurang kritis. Begitu juga dengan berbagai kasus kekerasan terhadap perempuan yang meningkat mengakibatkan ketimpangan dalam relasi laki-laki dan perempuan. Artikel ini berusaha mencari akar relasi gender berdasarkan pemikiran Husein Muhammad dan Nasaruddin Umar. Penelitian ini menggunakan metode komparatif dan pendekatan kualitatif dengan tiga rumusan masalah; Pertama, bagaimana pandangan Husein Muhammad dan Nasaruddin Umar terkait perempuan? Kedua, Bagaimana pemikiran kedua tokoh terhadap ayat penciptaan perempuan, peran sosial perempuan, dan poligami? Ketiga, bagaimana aktualisasi pemikiran tokoh terhadap perempuan di Indonesia? Dari penelitian ini ditemukan hasil bahwa perempuan adalah manusia yang sejajar, setara, dan seimbang dengan laki-laki melalui hak dan kewajibanya sebagai manusia. Hal yang paling mencolok dalam perbandingan penafsiran terletak pada konsepnya dalam memahami ayat, dan keduanya sama-sama membuat klasifikasi dan teori kontekstual untuk memahami ayat gender. Signifikansi pemikiran Husein Muhammad dan Nasaruddin Umar terlihat dalam hasil penafsiranya yang ramah perempuan dan gender, sehingga mampu membentuk pengetahuan tafsir gender dan peradaban yang lebih tepat dan equality. Kata Kunci: Tafsir, Gender, Husein Muhammad, Nasaruddin Umar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Tafsir Quran |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir |
Depositing User: | Irfan 12301173020 Muhamad Irfan Zakaria |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 07:23 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 07:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/26368 |
Actions (login required)
View Item |