DEFINA EKAPRAMUDITA, 12204183016 (2022) PENALARAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINGKING SKILLS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMPN 1 KALIDAWIR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (729kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Higher Order Thingking Skills Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kalidawir” ini ditulis oleh Defina Ekapramudita, NIM. 12204183016, dosen pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Penalaran Matematis, Higher Order Thingking Skills, Gaya Kognitif. Penalaran matematis merupakan modal awal bagi siswa dalam proses penyelesaian masalah matematika terutama pada soal berbasis Higher Order Thinking Skills. Perbedaan gaya kognitif siswa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penalaran matematis serta jalan berpikir dalam menyelesaikan suatu masalah. Berdasarkan kecepatan reaksi berpikir dan ketepatan jawaban siswa terhadap pemasalahan yang dihadapinya, gaya kognitif terdiri dari gaya kognitif impulsif dan gaya kognitif reflektif.Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan penalaran matematis siswa bergaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS pada materi SPLDV; 2) Mendeskripsikan penalaran matematis siswa bergaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS pada materi SPLDV.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Dipilih subjek dengan kategori 2 subjek bergaya kognitif reflektif dam 2 subjek bergaya kognitif impulsif untuk dianalisa penalaran matematis yang dimiliki. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, triangulasi metode dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa bergaya kognitif reflektif mampu memenuhi lima indikator penalaran matematis yakni Sense-making, Conjecturing, Convicting, Reflecting dan Generalizing dengan catatan pada indikator Sense-making dan Generalizing masih kurang terperinci; 2) Siswa bergaya kognitif impulsif mampu memenuhi tiga indikator penalaran matematis yakni Sense-making, Conjecturing dan Convicting, sedangkan pada indikator Reflecting dan Generalizing subjek belum mampu memenuhi, penyebabnya adalah subjek kurang teliti dalam langkah-langkah penyelesaian sehingga jawaban akhir yang diperoleh bernilai salah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183016 Defina Ekapramudita |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 03:59 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 03:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27404 |
Actions (login required)
View Item |