ASFIATUS SHOLIKHAH, 12201183142 (2022) PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 PLEMAHAN KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (939kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (448kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengaruh Media Sosial Dan Game Online Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Plemahan Kediri” ini di tulis oleh Asfiatus Sholikhah, NIM 12201183142, pembimbing Ibu Dr. Hj. Chusnul Chotimah. M.Ag. Kata Kunci : Media Sosial, Game Online, dan Motivasi Belajar Media sosial dan game online sangat digemari oleh semua kalangan, termasuk pelajar. Mengakses media sosial atau bermain game online tidak hanya meningkatkan keterampilan fisik tetapi juga kemampuan intelektual dan fantasi peserta didik. Namun disisi lain jika terlalu belebihan memainkannya, maka pasti akan menimbulkan dampak negatif dari bermain game online atau mengakses media sosial tersebut. Diantara dampak negative tersebut antara lain: kurangnya motivasi dalam belajar, menimbulkan rasa malas, dan mengakibatkan turunnya prestasi belajar. Untuk itu sejauh mana pengaruh tersebut mengakibatkan dampak positif dan negatif. Hal ini yang menjadikan ketertarikan peneliti untuk mengangkat tema ini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Adakah pengaruh media sosial terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam peserta didik di Smp Negeri 2 Plemahan Kediri?, 2) Adakah pengaruh game online terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam peserta didik di Smp Negeri 2 Plemahan Kediri?, 3) Adakah pengaruh media sosial dan game online terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam peserta didik di Smp Negeri 2 Plemahan Kediri? Penelitian ini menggunakan metode korelasional dan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 176 siswa. Adapun responden dalam penelitian ini adalah kelas VIII F yang berjumlah 33 siswa yang berada di SMP Negeri 2 Plemahan Kediri. Dalam mengambil jumlah responden peneliti menggunakan rumus slovin dan penentuan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan memberi kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas dan reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji Multikolinieritas, uji regresi berganda serta uji t (parsial) dan uji f (simultan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh signifikan antara media sosial dan motivasi belajar pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Plemahan Kediri. Hasil perhitungan dalam penelitian ini yaitu nilai Sig. sebesar 0,036 dimana nilai signifikan < 0,05 dapat ditulis 0,036 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada pengaruh media sosial terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam peserta didik di SMP Negeri 2 Plemahan Kediri. 2) Ada pengaruh signifikan antara game online dan motivasi belajar pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Plemahan Kediri. Hasil perhitungan dalam penelitian ini yaitu nilai Sig. sebesar 0,018 dimana nilai signifikan < 0,05 dapat ditulis 0,018 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada pengaruh game online terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam peserta didik di SMP Negeri 2 Plemahan Kediri. 3) Ada pengaruh signifikan antara media sosial dan game online terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Plemahan Kediri. Hasil perhitungan dalam penelitian ini yaitu nilai Sig. sebesar 0,026 dimana nilai signifikan < 0,05 dapat ditulis 0,026 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada pengaruh media sosial dan game online terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam peserta didik di SMP Negeri 2 Plemahan Kediri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Media Sosial Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183142 ASFIATUS SHOLIKHAH |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 04:26 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 04:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/27586 |
Actions (login required)
View Item |