PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS V-A MIN TUNGGANGRI TULUNGAGUNG

MUSLIFAH, IDA (2015) PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS V-A MIN TUNGGANGRI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (190kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas V-A MIN Tunggangri Tulungagung” ini ditulis oleh Ida Muslifah, NIM 3217113047, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), IAIN Tulungagung dibimbing oleh Ibu Luluk Atirotu Zahroh, S.Ag.M.Pd.I Kata Kunci : Metode discovery, Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI selalu terkesan membosankan karena bertumpu pada bacaan dan materi dari buku paket tanpa adanya belajar yang bermakna.Padahal, dengan mempelajari Aqidah Akhlak diharapkan peserta didik dapat memperoleh wawasan yang lebih luas tentang akhlak terpuji. Untuk itu pembelajaran Aqidah Akhlak ditekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung agar peserta didik mampu mengaplikasikan dalam kehidupannya. Dan salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak adalah metode discovery dimana guru memberi kebebasan kepada peserta didik untuk mengalami proses penemuan suatu konsep secara langsung. Dengan begitu pengetahuan dan pemahaman peserta didik akan semakin kuat tertanam dalam memorinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode discovery pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pada materi “Akhlak Terpuji” siswa kelas V-A MIN Tunggangri Tulungagung tahun ajaran 2014/2015? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode discovery pada mata pelajaran Aqidah akhlak pada materi “Akhlak Terpuji” siswa kelas V-A MIN Tunggangri Tulungagung tahun ajaran 2014/2015? Sedangkan yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode discovery pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pada materi “Akhlak Terpuji” siswa kelas V-A MIN Tunggangri Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. (2) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode discovery pada mata pelajaran Aqidah akhlak pada materi “Akhlak Terpuji” siswa kelas V-A MIN Tunggangri tahun ajaran 2014/2015. Pendekatan penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Sumber data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas V-A MIN Tunggangri Tulungagung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) tes (2) observasi (3) wawancara (4) catatan lapangan dan (5) dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah (1) reduksi data (2) paparan data ( 3) penarikan kesimpulan. Setelah penulis mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode discovery hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pembelajaran Aqidah Akhlak pada siswa V-A MIN Tunggangri Tulungagung meningkat. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 71. Dan kemudian pada siklus II nilai rata-rata peserta didik diperoleh 89. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V-A MIN Tunggangri Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: nahrowi assyafii
Date Deposited: 27 Nov 2015 08:09
Last Modified: 27 Nov 2015 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2795

Actions (login required)

View Item View Item