MUSYAROPAH, SITI (2015) PENGARUH METODE RESITASI BERBASIS LKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII DI MTs AL-HUDA BANDUNG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]
|
Text
SKRIPSI SITI MUSYARPAH NIM 3214113155, FTIK, TMT.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Resitasi Berbasis LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII Di MTs Al-Huda Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Siti Musyaropah, NIM. 3214113155, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Metode Resitasi, Lembar Kerja Siswa dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya nilai post test pelajaran matematika siswa. Sehingga peneliti ingin menggunakan metode resitasi berbasis LKS dimana nantinya siswa dapat berkreasi dan berinovasi dalam mengerjakan soal-soal dalam bentuk apa saja yang diberikan oleh guru. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana hasil pembelajaran dengan metode resitasi berbasis LKS berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII materi kubus dan balok di MTs Al-Huda Bandung semester genap tahun ajaran 2014/2015? (2) Seberapa besar pengaruh pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi berbasis LKS terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII materi kubus dan balok di MTs Al - Huda Bandung semester genap tahun ajaran 2014/2015? Adapun yang menjadi tujuan panelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan hasil pembalajaran menggunakan metode resitasi berbasis LKS terhadap hasil belajar matematika kelas VIII di MTs Al-Huda Bandung semester genap tahun ajaran 2014/2015. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara pembelajaran menggunakan metode resitasi berbasis LKS terhadap hasil belajar matematika kelas VIII di MTs Al-Huda Bandung semester genap tahun ajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen, dalam penelitian ini juga menggunakan metode tes dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa pada materi kubusdan balok kelas VIII di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. Sedangkan metode dokumentasi untuk mengabadikan proses belajar mengajar dikelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran metode resitasi berbasis LKS terhadap hasil belajar matematika kelas VIII di MTs AL-HUDA Bandung semester genap tahun ajaran 2014/2015. Dimana nilai thitung yang dihitung menggunakan uji-t diperoleh angka 3,462 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai 2,000. karena thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Besarnya pengaruh pembelajaran metode resitasi berbasis LKS terhadap hasil belajar matematika kelas VIII di MTs AL-HUDA Bandung semester genap tahun ajaran 2014/2015 adalah 13,03%. Dengan demikian metode resitasi berbasis LKS dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | SITI MUSYAROPAH |
Date Deposited: | 30 Nov 2015 06:26 |
Last Modified: | 30 Nov 2015 06:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2825 |
Actions (login required)
View Item |