KONFLIK INTRAPERSONAL PADA STRESS AKADEMIK SISWA DI MASA TRANSISI SISTEM PEMBELAJARAN (Studi Kasus Siswa MTsN 3 Kota Kediri)

DINDA AMALIA MAHMUDAH, 12308183163 (2022) KONFLIK INTRAPERSONAL PADA STRESS AKADEMIK SISWA DI MASA TRANSISI SISTEM PEMBELAJARAN (Studi Kasus Siswa MTsN 3 Kota Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
KONFLIK INTRAPERSONAL PADA STRESS AKADEMIK SISWA DI MASA TRANSISI SISTEM PEMBELAJARAN (Studi Kasus Siswa MTsN 3 Kota Kediri).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Konflik intrapersonal merupakan permasalahan dalam diri individu sendiri yang disebabkan oleh adanya dua atau lebih opsi yang harus mereka selesaikan bersama dengan setiap konsekuensi yang ada di dalamnya. Kondisi ini terjadi akibat dipengaruhi oleh beberapa faktor dari kondisi psikologis dan juga emosional seseorang. Penelitian ini, membidik konflik intrapersonal pada stress akademik siswa akibat kurang baiknya kondisi siswa dalam menghadapi berbagai macam tuntutan serta peran. Ketimpangan peran sebagai seorang siswa serta seorang anak dalam satu waktu yang bersamaan. Tujuan penelitian ini adalah guna untuk mengetahui bagaimana stress akademik siswa MTsN 3 Kota Kediri di era transisi sistem pembelajaran serta bagaimana penyelesaian dan kendala yang mereka hadapi untuk keluar dari konflik intrapersonal ini. Subjek penelitian ini dibagi menjadi dua bagian, yakni dua informan utama dan dua informan pendukung yang kualifikasinya telah tertulis dalam isi penelitian ini. Penelitian ini ditulis dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus dan penggunaan analisis data wawancara berupa Teknik thematic analysis. Cek validitas keabsahan data di analisis menggunakan teknik triangulasi serta member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik intrapersonal pada stress akademik siswa MTsN 3 Kota Kediri disebabkan kurang adanya hubungan interpersonal dan adanya ketimpangan dari peran ganda sebagai siswa dan anak, serta lingkungan belajar dan device yang digunakan dalam pembelajaran yang kurang memadai. Informan membutuhkan interaksi hubungan interpersonal yang baik dalam melakukan penyelesaian pada konflik intrapersonal yang mereka hadapi, serta adanya sifat tenggang rasa dan saling memahami antar informan dan orangtua. Kata kunci : Konflik intrapersonal, stress akademik, transisi sistem pembelajaran ABSTRACT Intrapersonal conflict is an issue in individuals since there are two alternatives for them to choose from, each with its own set of consequences. This syndrome happens as a result of numerous circumstances influencing a person's psychological and emotional state. This study aimed at intrapersonal conflicts in students' academic stress as a result of inadequate student circumstances in dealing with multiple demands and roles. Inequality of positions as both a student and a child. The purpose of this study is to determine how academic stress affects on students at Islamic Junior High School 3 of Kediri during the transitional period of the learning system and the struggle they experienced in resolving this conflict. The subject of this study is divided into two parts: two primary informants and two supporting informants, the qualifications of whom are listed in the study's contents. This study was prepared using a descriptive qualitative research strategy using a case study format and thematic analysis techniques on interview data. The data gathered in this study, the validity of the data in the analysis utilizing triangulation techniques, and member checking. The findings revealed that intrapersonal conflicts in the academic stress on students of Islamic Junior High School 3 of Kediri were caused by a lack of interpersonalship, the inequality of dual roles as students and children at the same time, insufficient learning enviroment and device also influenced them. In order to resolve interpersonal problems, informants require good interpersonal relationship interaction, as well as grace and mutual understand between informants and parents. Key words : Intrapersonal conflict, academic stress, transition of education system.

Item Type: Skripsi
Subjects: Jurnal > E-Journal
Pandemi
Psikologi > Psikologi kepribadian
Psikologi > Psikologi organisasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308183163 Dinda Amalia Mahmudah
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:22
Last Modified: 09 Aug 2022 07:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28370

Actions (login required)

View Item View Item