UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN DI MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGGUNG

ASROFAH, SITI MA’RIFATUL (2015) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN DI MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI MA'RIFATUL ASROFAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SITI MA’RIFATUL ASROFAH. Dosen Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, MA. Strategi Guru dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Kata Kunci: Upaya Guru, hafalan Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa Hafalan Al-Qur’an semakin banyak diterapkan di lembaga pendidikan Islam, termasuk di MTs Al Huda Bandung Tulungagung. Keberhasilan dari hafalan Al-Qur’an ini salah satunya ditentukan oleh strategi guru yang disusun secara khusus untuk meningkatkan hafalan tersebut. Maka dari itu penting bagi seorang guru untuk bisa memilih dan menggunakan strategi yang tepat dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana diskripsi pembelajaran Al-Qur’an di MTs Al Huda Bandung Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di MTs Bandung Tulungagung? (3) Apa saja faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di MTs Al Huda Bandung Tulungagung? Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui metode observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketentuan pengamatan, dan trigulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an merupakan kegiatan hafalan surat pendek dan surat yasin yang dilaksanakan sebelum pelajaran dimulai. Kegiatan hafalan dilaksanakan mulai pukul 06.45 - 07.20 WIB. Adapun jadwal setiap harinya yaitu hari Senin dan Selasa tadarus bersama menambah materi baru dan mengulang hafalan yang sudah dihafalkan, Rabu dan Sabtu setoran hafalan, Kamis membaca surat yasin dan dilanjutkan latihan menulis dengan tanpa melihat contoh, sedangkan untuk hari Jum’at Free tidak ada kegiatan hafalan, (2) Strategi guru dalam meningkatkan hafalan al-qur’an yaitu membetulkan bacaan anak didiknya ketika menyetorkan hafalan, mengulang hafalannya, pembentukan jadwal khusus hafalan, mewajibkan setoran hafalan, dan latihan menulis surat pendek tanpa melihat contoh pada kamis, (3) Faktor yang menghambat pelaksanaan guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an yaitu kemampuan membaca dan menghafal setiap anak yang berbeda, alokasi waktu yang kurang, beberapa anak yang kurang semangat karena alasan tertentu. Selain faktor penghambat ini terdapat juga faktor yang mendukung yaitu motivasi/semangat anak-anak yang kuat, pertemuan antara guru dan murid yang sangat intensif, dan rasa tanggung jawab anak dalam menjalankan tugas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SITI MA’RIFATUL ASROFAH
Date Deposited: 01 Dec 2015 03:33
Last Modified: 01 Dec 2015 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2840

Actions (login required)

View Item View Item