PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR PADA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA KELAS VII SMPN 1 NGANTRU

SITI NURROBAIYATUL NIKMAH, 12204183046 (2022) PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR PADA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA KELAS VII SMPN 1 NGANTRU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar pada Pembelajaran Mobile Learning Ditinjau dari Motivasi Siswa Kelas VII SMPN 1 Ngantru” yang ditulis oleh Siti Nurrobaiyatul Nikmah, NIM. 12204183046 Program Studi Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata kunci : Penalaran matematis, pembelajaran mobile learning, motivasi belajar. Perkembangan IPTEK yang semakin pesat membawa dampak pada dunia pendidikan. Dunia pendidikan mulai memanfaatkan teknologi smartphone sebagai media pembelajaran yang lebih dikenal dengan mobile learning. Mobile learning dapat memberikan dampak beragam pada tingkat motivasi siswa. Tingkat motivasi siswa yang beragam memberikan dampak pada penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal. Penalaran matematis diharapkan siswa dapat memahami masalah hingga menemukan solusi dari masalah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, penalaran matematis dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran mobile learning perlu mendapat perhatian lebih dari seluruh stake holder pendidikan terutama guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar pada pembelajaran mobile learning ditinjau dari tingkat motivasi tinggi pada siswa kelas VII SMPN 1 Ngantru. (2) Mendeskripsikan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar pada pembelajaran mobile learning ditinjau dari tingkat motivasi sedang pada siswa kelas VII SMPN 1 Ngantru (3) Mendeskripsikan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar pada pembelajaran mobile learning ditinjau dari tingkat motivasi rendah pada siswa kelas VII SMPN 1 Ngantru Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah kelas VII SMPN 1 Ngantru dengan subjek sebanyak 6 siswa, yang terdiri dari 2 siswa yang memiliki motivasi tinggi, 2 siswa yang memiliki tingkat motivasi sedang, dan 2 siswa yang memiliki tingkat motivasi rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar, tes soal penalaran matematis materi bentuk aljabar, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan tingkat motivasi tinggi pada pembelajaran mobile learning mampu memenuhi semua indikator penalaran matematis (2) Siswa dengan tingkat motivasi sedang pada pembelajaran mobile learning mampu memenuhi sebagian indikator penalaran matematis. (3) Siswa dengan tingkat motivasi rendah pada pembelajaran mobile learning belum memenuhi semua indikator penalaran matematis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183046 SITI NURROBAIYATUL NIKMAH
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:56
Last Modified: 08 Aug 2022 04:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/28967

Actions (login required)

View Item View Item