PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA SERTA MENINGKATKAN ETIKA BERBUSANA PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 2 TRENGGALEK

KIKIT YUANA SARI, 12201183027 (2022) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA SERTA MENINGKATKAN ETIKA BERBUSANA PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Serta Meningkatkan Etika Berbusana Peserta Didik di MTs Negeri 2 Trenggalek” ini ditulis oleh KIKIT YUANA SARI, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM. 12201183027 Tahun 2022 dibimbing oleh Annas Ribab Sibilana M.Pd.I Kata Kunci: Peran Guru, Akidah Akhlak, Etika Berbusana Peran guru akidah akhlak dalam membina serta meningkatkan etika berbusana peserta didik di MTs Negeri 2 Trenggalek. Seorang pendidik itu mempunyai peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan terutama dalam pendidikan Islam. Pembinaan etika berbusana pada peserta didik perlu diterapkan. Seorang guru tidak hanya mengajar melalui materi saja melainkan dengan cara mengimplemantasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga peserta didik tidak hanya pandai dengan teori saja tetapi juga akan tercermin pada perilaku siswa sehari-harinya. Oleh karena itu, dalam membina etika berbusana ini penting untuk meningkatkan ketertiban peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai pendidik dalam membina serta meningkatkan etika berbusana peserta didik di MTs Negeri 2 Trenggalek, (2) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam membina serta meningkatkan etika berbusana peserta didik di MTs Negeri 2 Trenggalek, (3) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai teladan dalam membina serta meningkatkan etika berbusana peserta didik di MTs Negeri 2 Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini meliputi: Ketekunan atau keajegan pengamatan, Triangulasi, dan Pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran guru akidah akhlak sebagai pendidik meliputi: pembinaan etika sesuai jadwal guru piket bergantian mengamati peserta didik, mengikuti peraturan pakaian hari senin selasa memakai biru putih, rabu kami memakai almamater, jumat sabtu memakai coklat pramuka dan memakai atribut lainnya. (2) Peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing meliputi: pembinaan etika melalui wali kelas, melalui pelajaran akidah akhlak dikaitkan kehidupan sehari-hari, terdapat buku layanan bimbingan di guru BK. (3) Peran guru akidah akhlak sebagai teladan meliputi: pembinaan etika melalui pakaian yang dipakai bapak ibu guru agar bisa dicontoh, melalui kegiatan keagamaan seperti jumat taqarab, pondok pesantren, isra’ miraj, hari santri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183027 Kikit Yuana Sari
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:34
Last Modified: 08 Aug 2022 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29011

Actions (login required)

View Item View Item