STARTEGI PROMOSI MELALUI PERAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Naira Fish & Aquarium Desa Widoro Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek)

RATRI KURNIANINGTYAS, 12402183281 (2022) STARTEGI PROMOSI MELALUI PERAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Naira Fish & Aquarium Desa Widoro Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Startegi Promosi Melalui Peran Media Sosial Facebook Dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Naira Fish & Aquarium Desa Widoro Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek)” ini ditulis oleh Ratri Kurnianingtyas, NIM. 12402183281. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Syamsul Umam, S.H.I., M.H. Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin berkembang pesatnya persaingan bisnis yang memanfaatkan teknologi sebagai pemanfaatan penjualan produk. Hal tersebut secara tidak langsung mendorong minat usaha kecil seperti usaha Naira Fish & Aquarium untuk meningkatkan penjualan dengan cara mempromosikan produknya melalui media sosial Facebook. Dari penelitian ini dapat dilihat bagaimanakah peran media sosial Facebook dalam meningkatkan penjualan produk pada Naira Fish & Aquarium ini. Fokus pembahasan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi promosi melalui peran media sosial Facebook dalam meningkatkan penjualan di Naira Fish & Aquarium, 2) Bagaimana strategi promosi melalui peran media sosial Facebook dalam meningkatkan penjualan di Naira Fish & Aquarium ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi kasus, sumber data yang diperoleh dari informasi, situasi lokasi, dan berkas-berkas dokumentasi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) strategi promosi melalui peran media sosial Facebook dalam meningkatkan penjualan yaitu dengan menggunakan periklanan dengan memanfaatkan Facebook ads, stories Facebook, dan feed facebook, promosi penjualan yaitu pemberian diskon, bonus dan gratis ongkir, pemasaran langsung seperti penggunaan messenger dan mencantumkan WhatsApp, publisitas dan hubungan masyarakat yaitu bergabung dengan komunitas dan grub yang sebidang. Dampak dari adanya strategi promosi melalui peran media sosial Facebook yang dilakukan Usaha Naira Fish & Aquarium ini membuat usaha ini semakin berkembang dan memiliki banyak pelanggan sehingga mengalami peningkatan pada penjualan produk terutama produk aquarium. 2) Dalam melakukan strategi promosi di usaha Naira Fish & Aquarium juga sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pemasaran pada Ekonomi Islam, yaitu rabbaniyah seperti melakukan pekerjaan dengan baik agar rezeki yang didapat menjadi berkah, akhlaqiah seperti melayani konsumen dengan ramah, tidak judes dan friendly, al-waqiyyah selalu mengutamakan kejujuran dalam semua hal mulai dari produksi sampai promosi, dan al-insaniyah yaitu seperti tidak mengambil keuntungan yang berlebihan. Kata Kunci : Promosi, Media Sosial, Volume Penjualan, Ekonomi Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12402183281 Ratri Kurnianingtyas
Date Deposited: 23 Aug 2022 01:14
Last Modified: 23 Aug 2022 01:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29778

Actions (login required)

View Item View Item