PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG EDUKASI SEKSUAL TERHADAP PERILAKU SEKSUAL DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SISWA KELAS VII MTsN 2 BLITAR

SELVI DEWI NUR ANGGREANI, 12208183158 (2022) PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG EDUKASI SEKSUAL TERHADAP PERILAKU SEKSUAL DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SISWA KELAS VII MTsN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Skripsi berjudul Pengaruh Pengetahuan tentang Edukasi Seksual Terhadap Perilaku Seksual dalam Kehidupan Sehari-hari Siswa Kelas VII MTsN 2 Blitar ini di tulis oleh Selvi Dewi Nur Anggreani, NIM 12208183158, Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci: Pengetahuan, Edukasi, Seksual, Perilaku Penelitian ini dilatarbelakangi oleh edukasi yang merupakan hal krusial dalam kehidupan, dengan edukasi maka akan membentuk pemahaman pada seseorang sehingga mampu menempatkan dan mendewasakan diri dalam bertindak dan berperilaku. Salah satu bentuk edukasi yang penting dimiliki adalah mengenai edukasi seksual. Edukasi seksual merupakan upaya pengajaran, penyadaran, dan pemberian informasi tentang masalah seksual, sehingga diharapkan dengan edukasi seksual memberikan mampu pengetahuan yang menyeluruh tentang seksual yang dapat memberikan pola pikir anak dan remaja yang tidak keliru. Pemahaman yang baik mengenai edukasi seksual akan meminimalisir perilaku seksual yang menyimpang, dimana perilaku seksual merupakan perilaku yang melibatkan sentuhan fisik anggota tubuh pada laki-laki dan perempuan karena adanya dorongan hasrat seksual. Maraknya perilaku penyimpangan seksual menguatkan alasan penting untuk pemahaman edukasi seksual. Adapun tujuan dari penelitian ini meliputi (1) Mendeskripsikan pengetahuan tentang edukasi seksual siswa kelas VII MTsN 2 Blitar, (2) Mendeskripsikan perilaku seksual sehari-hari siswa kelas VII MTsN 2 Blitar, (3) Mengetahui pengaruh pengetahuan tentang edukasi seksual siswa kelas VII MTsN 2 Blitar terhadap perilaku seksual siswa sehari-hari. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif dan model penelitian descriptive correlational. Variabel yang diteliti adalah variabel dependen berupa perilaku seksual dengan variabel independen berupa pengetahuan tentang edukasi seksual pada sampel penelitian. Untuk menentukan sampel penelitian digunakan teknik random sampling. Jenis data yang digunakan berupa data primer dan juga data sekunder. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket pengetahuan seksual siswa dan angket perilaku seksual siswa. Data yang dihasilkan berupa skor edukasi seksual dan skor perilaku seksual siswa kelas VII MTsN 2 Blitar, yang dianalisis menggunakan teknik analisis statistik meliputi uji prasyarat (normalitas dan linearitas), dan uji regresi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Tingkat pengetahuan tentang edukasi seksual siswa kelas VII MTsN 2 Blitar rata-rata mendapatkan skor 11,77 yang menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan tentang edukasi seksual siswa tersebut dalam kategori sedang. 2) Tingkat perilaku seksual sehari-sehari siswa kelas VII MTsN 2 Blitar rata-rata mendapatkan skor 57,59 yang menunjukkan bahwa perilaku seksual siswa tersebut masuk dalam kategori cukup baik. 3) Terdapat pengaruh pengetahuan tentang edukasi seksual terhadap perilaku seksual siswa, yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan besarnya pengaruh adalah 42,5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183158 SELVI DEWI NUR ANGGREANI
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:27
Last Modified: 31 Aug 2022 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30112

Actions (login required)

View Item View Item