MOCHAMAD ABDUL AZIZ MIFTAKHUDDIN WAKHID, 12201183422 (2022) SISTEM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN BACAAN AL-QUR’AN BAGI SANTRI DI LPTQ KECAMATAN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
Text
COVER.pdf Download (823kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (148kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (278kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi tidak terlepas dari peran ustadz dan strategi yang diterapkan. Karena manajemen kelas dan pembelajaran akan berjalan dengan baik sekaligus menghasilkan output baik manakala menggunakan strategi pembelajaran yang tepat dan diterapkan oleh ustadz yang mumpuni. Sebagaimana dikatakan Wina Sanjaya dalam bukunya yang berjudul Strategi Pembelajaran bahwa, strategi digunakan untuk memperoleh kesuksesan atau keberhasilan dalam mencapai tujuan. Rumusan Masalah Penelitian ini yairu: 1) Bagaimana metode pembelajaran membaca Al-Qur’an dalam meningkatkan potensi santri di LPTQ Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana media pembelajaran membaca Al-Qur’an dalam meningkatkan potensi santri di LPTQ Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran membaca Al�Qur’an dalam meningkatkan potensi santri di LPTQ Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu: Mempersiapkan sumber dan media yang dibutuhkan dalam pembelajaran seni baca Al Qur’an dengan menggunakan metode Qiro’ah seperti peraga, penunjuk peraga dan juga buku buku penunjang Tilawati, Mempersiapkan kelas termasuk di dalamnya penataan meja guru, meja santri, dan alat peraga lainya, Mempersiapkan kelas dan segala materi yang ada didalamnya seperti mempersiapkan guru sebgai pembimbing dan pembina, guru yang melakukan pembelajaran metode Qiro’ah benar benar memiliki skill dan kemampuan serta memiliki sanad keilmuan yang jelas dan matang Desain perencanaan Qiro’ah mengacu pada pembelajaran yang dilakukan di Pusat Qori’ Tulungagung, yang dimana desain pembelajaranya menyesuaikan dengan standart Nasional.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183422 MOCHAMAD ABDUL AZIZ MIFTAKHUDDIN WAKHID |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 04:33 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 04:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30187 |
Available Versions of this Item
-
SISTEM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN BACAAN AL-QUR’AN BAGI SANTRI DI LPTQ KECAMATAN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. (deposited UNSPECIFIED)
- SISTEM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN BACAAN AL-QUR’AN BAGI SANTRI DI LPTQ KECAMATAN KALIDAWIR TULUNGAGUNG. (deposited 20 Sep 2022 04:33) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |