PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PELAJARAN FIQIH PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

IMAM ASRORI, 3211113090 (2015) PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PELAJARAN FIQIH PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI-IEN NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Pemahaman Pelajaran Fiqih Pada Santri Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung Tahun pelajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Imam Asrori dibimbing oleh Dr. As’aril Muhajir, M.Ag. Kata kunci: metode diskusi, pemahaman pelajaran fiqih. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kategori pesantren tradisional dan moderen ternyata mengakibatkan perubahan metode. jika kita melacak perubahan metode pendidikan di pesantren akan menemukan metode yang bersifat tradisional dan moderen. Metode penyajian atau penyampaian dipesantren ada yang bersifat tradisional (mengikuti kebiasaan-kebiasaan yang lama dipergunakan ) seperti bandongan, wetonan, dan sorogan. Ada pula metode yang bersifat non tradisional (metode yang baru di introdusir kedalam institusi tersebut berdasarkan pendekatan ilmiah). Fokus permasalahan dalam penulisan skripsi adalah (1) Bagaimana penerapan metode diskusi di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung? (2) Apa masalah dalam penerapan metode diskusi dalam meningkatkan pemahaman pelajaran fiqih di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana solusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah dalam penerapan metode diskusi dalam meningkatkan pemahaman pelajaran fiqih di pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui penerapan metode diskusi di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung? (2) Untuk mengetahui masalah dalam penerapan metode diskusi dalam meningkatkan pemahaman pelajaran fiqih di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung? (3) Untuk mengetahui solusi yang dilakukan dalam mengatasi masalah dalam penerapan metode diskusi dalam meningkatkan pemahaman fiqih di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Ngunut Tulungagung? Kegunaan penelitian: Sacara teoritis, Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan islam khususnya mengenai metode diskusi untuk meningkatkan pemahaman pelajaran fiqih. Sehingga hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dalam proses metode diskusi di masa yang akan datang. Secara praktis, penelitian memberikan manfaat kepada beberapa pihak antara lain: Bagi Guru atau Pendidik, untuk dijadikan masukan dalam penerapan metode diskusi sehingga metode diskusi yang akan datang lebih baik. Bagi santri, Penelitian ini dapat meningkatkan kualitas belajarnya dan mengembangkan kemampuan berfikirnya dan sebagai wawasan mengenai bagaimana penerapan metode diskusi yang lebih baik. Bagi pondok pesantren, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas belajar tentang penerapan metode diskusi kususnya dalam pelajaran fiqih. Bagi peneliti, sebagai petunjuk, arahan dan acuan bagi penelitian selanjutnya yang releven dengan penelitian ini. Metode penelitian: penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berisi tentang: (1) pendekatan dan jenis penelitian (2) lokasi penelitian (3) kehadiran peneliti (4) data dan sumber data (5) teknik pengumpulan data (6) teknis analisis data (7) pengecekan keabsahan temuan. Hasil penelitian: (1) Penerapan Metode Diskusi di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien yaitu berupa diskusi kelas, diskusi berupa halaqoh-halaqoh kecil (kelompok), diskusi yang diadakan bersifat bulanan/diskusi suhgro dan tahunan/diskusi kubro (bahtsul masail). (2) Masalah dalam penerapan metode diskusi di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien adapun sehubungan masalah-masalah dalam penerapan metode diskusi bisa disimpulkan sebagai beriku: Faktor bahasa, bermacam-macam latar belakang pendidikan, minat diskusi kurang, kurang persiapan, kurangnya pondasi awal yaitu nahwu dan sorof, Kitab yang dipelajari itu berlafalkan arab tanpa harokat, Kitab kuning itu sulit karena membutuhkan kitab alat seperti nahwu dan shorof. (3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah dalam penerapan metode diskusi di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien berkaitan dengan pondasi awal yaitu nahwu dan shorof dari pihak seksi diskusi diadakan sorokan, dan waktunya dilakukan pada jam setelah pelajaran diniyah. Kendala lain seperti kurang persiapan, kurangnya minat yaitu dari pihak guru mempersiapkan sebelumnya dan memotifasi santri. Untuk latar belakang santri usaha yang dilakukan yaitu dengan menggunakan bahasa indonesia untuk memuroti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: skripsi 3211113090 imam asrori
Date Deposited: 17 Dec 2015 02:25
Last Modified: 17 Dec 2015 02:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3021

Actions (login required)

View Item View Item