Analisis Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya kognitif Pada Siswa Kelas VII Di MTs Negeri Jambewangi Selopuro Blitar

Yulita, Novyansari (2014) Analisis Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya kognitif Pada Siswa Kelas VII Di MTs Negeri Jambewangi Selopuro Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian awal SKRIPSI.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover warna.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - Copy.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II - Copy.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III - Copy.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V - Copy.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN - Copy.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV - Copy.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Analisis, Kreativitas, Gaya Kognitif Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya peserta didik untuk memecahkan masalah matematika secara kreatif agar menemukan jawaban yang sesuai. Salah satu faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika yaitu siswa kurang memahami soal yang telah diberikan.Sehingga guru juga harus mengetahui gaya kognitif siswa agar memudahkan untuk menganalisis kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika dan mengetahui masing-masing kemampuan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kreativitas siswa kelas VII dengan gaya kognitif field dependent dalam memecahkan masalah matematika pada materi aljabar di MTs Negeri Jambewangi Selopuro Blitar? (2) Bagaimanakah kreativitas siswa kelas VII dengan gaya kognitif field independet dalam memecahkan masalah matematika pada materi aljabar di MTs Negeri Jambewangi Selopuro Blitar? Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang kreativitas siswa kelas VII dengan gaya kognitif field dependentdan field independent dalam memecahkan masalah matematika pada materi aljabar di MTs Negeri Jambewangi Selopuro Blitar. Manfaat penelitian ini secara teoritis penelitian sebagai sumbangan untuk dunia pendidikan dan juga keilmuan sehingga dapat digunakan untuk menambah pengetahuan ilmiah tentang kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan gaya kognitif field independent. Secara PraktisPeserta didik akan mengetahui gaya kognitifnya masing-masing sehingga dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika.Guru akan lebih mudah memilih strategi pembelajaran dan model pembelajaran yang sesuai dengan gaya kognitif peserta didik sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.Prestasi sekolah akan semakin meningkat seiring meningkatnya kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif siswa.Hasil penelitian ini dapat memberikan pengalaman baru untuk mengetaui kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Tes, 2) Wawancara, 3) Observasi dan 4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. xviii Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil GEFT (Group Embedded Figures Test) di kelas VII E diketahui bahwa ada 23 siswa dari 40 siswa tergolong dalam Field Denpendent. Sehingga siswa yang tergolong dalam field Dependent persentasenya adalah 57,5 % .Sedangkan dari hasil GEFT (Group Embedded Figures Test) diketahui bahwa ada 17 siswa yang tergolong dalam field Independet Persentasenya adalah 42,5% . Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh diharapkan memberikan informasi kepada peneliti selanjutnya tentang gaya kognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika dan pemahaman konsep siswa. Senantiasa meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran di sekolah dengan memberikan tambahan wacana kepada seluruh guru mengenai karakteristik siswa, terutama yang berkaitan dengan perkembangan gaya kognitif siswa, karena ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 03 Dec 2014 03:33
Last Modified: 03 Dec 2014 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item View Item