PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS IX DI MTSN 4 TULUNGAGUNG

IMMA SILVIA YUSTIANI, 12208183127 (2022) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS IX DI MTSN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (658kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran secara langsung pada kurikulum 2013 untuk mata pelajaran IPA di tingkat menengah SMP/MTs. Pada proses pembelajarannya mata pelajaran IPA menerapkan pembelajaran sains terpadu yang didasarkan pada sikap ilmiah. Salah satu kegiatan pembelajaran yang dapat memenuhi cakupan dari sikap ilmiah adalah pembelajaran praktikum, dimana siswa dapat melatih keterampilan proses sains selama proses pembelajarannya. Pembelajaran praktikum dilakukan dengan adanya panduan yang dapat membantu siswa dalam melakukan kegiatan praktikum. Salah satu materi IPA yang terdapat pembelajaran praktikum adalah materi bioteknologi. Pengembangan media pembelajaran pada materi bioteknologi dilakukan karena adanya beberapa permasalahan. Permasalahan umum siswa pada materi bioteknologi adalah kesulitan memberikan contoh dan mengidentifikasi produk. Sedangkan pada lokasi penelitian permasalahan pada materi bioteknologi terkait kurang lengkapnya media sebagai sumber informasi siswa dan kurangnya alat, bahan, serta fasilitas yang dapat digunakan untuk kegiatan praktikum. Sehingga dilakukan pengembangan petunjuk praktikum materi bioteknologi dengan kegiatan praktikum yang praktis untuk dilakukan. Petunjuk praktikum yang dikembangkan dapat menjadi sumber informasi tambahan sehingga dapat membantu siswa dalam mengidentifikasi produk bioteknologi dan diharapkan dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk, 1) Mendeskripsikan kevalidan buku petunjuk praktikum materi bioteknologi untuk siswa SMP/MTs kelas IX. 2) Mendeskripsikan kepraktisan buku petunjuk praktikum materi bioteknologi untuk siswa SMP/MTs kelas IX. 3) Mendeskripsikan kefektifan buku petunjuk praktikum materi bioteknologi untuk siswa SMP/MTs kelas IX. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahap pengembangan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (evaluasi). Tahap implementasi akan dilakukan pada siswa kelas IX di MTsN 4 Tulungagung. Implementasi dilakukan dengan menjadikan produk sebagai panduan praktikum. Teknik pengumpulan data menggunkan instrumen uji keterbacaan siswa dan pemberian soal esai kepada kelas eskperimen dan satu kelas lain yang berperan sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dan pengembangan petunjuk praktikum materi biologi menunjukkan bahwa, 1) Berdasarkan hasil uji validasi petunjuk praktikum oleh para ahli diperoleh rata-rata persentase 100% dari ahli media, 100% dari ahli materi, dan 81,25% dari guru IPA (Biologi), dimana persentase tersebut tersebut memiliki arti petunjuk praktikum materi bioteknologi valid dan layak digunakan. 2) Berdasarkan hasil implementasi buku petunjuk praktikum materi bioteknologi diperoleh 29 responden. Dari total responden yang diperoleh 83% (24) responden memberikan respon buku petunjuk materi bioteknologi yang dikembangan mudah untuk dipahami tetapi 86% (25) responden menyatakan petunjuk praktikum materi bioteknologi mudah untuk dilakukan. Sehingga dapat dikatakan kegiatan pada petunjuk praktikum bioteknologi praktis untik dilakukan. 3) Berdasarkan hasil uji perbandingan skor keterampilan proses sains pada siswa pada tabel Test Statistic, baris Mann-Whitney (U) diperoleh harga U pada keterampilan observasi 277 dan p-value = 0,465 > 0,05 atau H0 diterima. Kemudian pada keterampilan mengomunikasikan diperoleh harga U = 315,5 dan p-value = 1 > 0,05 atau H0 diterima. Keterampilan proses sains selanjutnya yaitu keterampilan pemahaman konsep memperoleh harga U = 132 dengan p-value = 0,00 H0 ditolak. Keterampilan proses sains yang keempat yaitu keterampilan meramalkan memperoleh harga U = 220,5 dan p-value 0,63 atau H0 diterima. Dari hasil uji Mann-Whitney dapat diartikan bahwa petunjuk praktikum materi bioteknologi efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kelas IX, khususnya pada keterampilan pemahaman konsep.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183127 Imma Silvia Yustiani
Date Deposited: 25 Sep 2022 05:00
Last Modified: 25 Sep 2022 05:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30891

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item