THE CORRELATION BETWEEN THE SIXTH SEMESTER STUDENTS'READING COMPREHENSION AND THEIR TRANSLATION ABILITY AT ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT OF UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

SITI HANIK NURHAMIDAH, 12203183297 (2022) THE CORRELATION BETWEEN THE SIXTH SEMESTER STUDENTS'READING COMPREHENSION AND THEIR TRANSLATION ABILITY AT ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT OF UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurhamidah Hanik,Siti. NIM 12203183297. 2022. The Correlation Between the Sixth Semester Students’ Reading Comprehension and Their Translation Ability at English Education Department of UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: Dr. Sukarsono, M.Pd. Kata Kunci: Korelasi, Pemahaman Membaca, Penerjemahan, Kemampuan menerjemah. Pemahaman membaca adalah proses aktif memahami teks tertulis secara simultan mengekstraksi dan mengkonstruksi makna di mana pembaca menggunakan kode, analisis konteks, pengetahuan sebelumnya, kosakata dengan strategi melalui interaksi dan keterlibatan dengan teks tertulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan apakah ada korelasi antara pemahaman membaca siswa dan kemampuan menerjemah mereka. Rumusan masalah penelitian dalam penelitian ini adalah: "Apakah ada korelasi yang signifikan antara pemahaman membaca mahasiswa dengan kemampuan menerjemah mereka?". Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara pemahaman membaca dengan kemampuan menerjemahkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional menggunakan dua variabel . Dalam penelitian ini, peneliti meneliti hubungan antara dua variabel: satu variabel prediktor dan satu variabel kriteria. Jenis instrumen penelitian ini adalah tes pemahaman membaca dan tes menerjemah. Subjek penelitian ini adalah 32 mahasiswa kelas penerjemahan semester enam di jurusan pendidikan bahasa Inggris UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya hubungan negatif dengan kekuatan lemah yang signifikan antara dua variabel karena hasil perhitungan koefisien korelasi adalah 0,355 dengan arah negatif. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi, penelitian ini tergolong korelasi lemah, karena koefisien korelasinya sebesar 0,355. Analisis data melalui perhitungan dengan menggunakan rumus Spearman Rho dengan SPSS 26 (64-bit) untuk windows 7, data menunjukkan bahwa nilai sig (2- tailed) adalah 0,046 lebih rendah dari level signifikan 0,05 artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan secara otomatis hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan fakta tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa ada hubungan negatif antara pemahaman membaca siswa dan kemampuan menerjemah mereka.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Bahasa Dan Sastra > Reading
Bahasa Dan Sastra > Writing
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 12203183297 Siti Hanik Nurhamidah
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:34
Last Modified: 28 Sep 2022 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/30964

Actions (login required)

View Item View Item