ULFI WIJAYANTI, 12212183050 (2022) PENGARUH MODUL BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUTOJAYAN. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
Text
COVER.pdf Download (176kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (58kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (368kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Modul Berbantuan Media Audio Visual pada Materi Kesetimbangan Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sutojayan” ini ditulis oleh Ulfi Wijayanti, NIM. 12212183050, dengan Dosen Pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Modul, Audio Visual, Kesetimbangan Kimia, Hasil Belajar. Pemahaman konsep dalam kimia memerlukan keterkaitan tiga representasi kimia, yaitu makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Salah satu topik pembelajaran kimia yang memiliki ketiga konsep tersebut adalah kesetimbangan kimia dimana representasi makroskopik disajikan melalui prosedur kerja percobaan, representasi submikroskopik divisualisasikan melalui gambar dan video animasi tentang proses terjadinya reaksi kesetimbangan, serta representasi simbolik disajikan melalui simbol, rumus dan persamaan kimia seperti Kc, Kp, P, dan derajat disosiasi (α). Seringkali pembelajaran dianggap terkesan monoton karena guru hanya sibuk menjelaskan materi pada buku saat proses belajar mengajar sehingga dibutuhkan media untuk menyampaikan materi. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media modul berbantuan media audio visual. Media modul digunakan untuk melatih siswa menjadi aktif, berpikir kritis dan membantu siswa menemukan konsep dimana penggunaannya dibantu media audio visual. Media audio visual merupakan media kombinasi suara (audio) dan gambar (visual) yang mengandung gerakan berupa animasi yang dapat menarik siswa serta membangun imajinasinya sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui, (1) perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Sutojayan kelas XI yang menggunakan media modul berbantuan media audio visual dengan media pembelajaran buku, (2) perbedaan tingkat signifikansi nilai N-gain antara hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Sutojayan yang menggunakan media modul berbantuan media audio visual dengan media pembelajaran buku. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasy experiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 72 siswa yang terdiri dari dua kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari hasil tes pretest dan postest kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample T-test, dan uji N-gain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian, sebelumnya sudah divalidasi oleh dua ahli materi dan media, yaitu 1 dosen dan 1 guru pelajaran kimia. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Sutojayan kelas XI yang menggunakan mpdul berbantuan media audio visual dengan media pembelajaran buku yang dibuktikan melalui hasil analisis data uji Independent Sample T-Test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai postest dengan Thitung > Ttabel = 7,480 > 1,994, (2) terdapat perbedaan tingkat signifikansi nilai N-gain antara hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Sutojayan yang menggunakan modul berbantuan media audio visual dengan media pembelajaran buku yang dibuktikan melalui uji N-gain dengan diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,78 termasuk kategori tinggi, dan rata-rata kelas kontrol diperoleh sebesar 0,33 termasuk kategori sedang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | SKRIPSI 12212183050 ULFI WIJAYANTI |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 07:22 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 07:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31034 |
Available Versions of this Item
-
PENGARUH MODUL BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUTOJAYAN. (deposited UNSPECIFIED)
- PENGARUH MODUL BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUTOJAYAN. (deposited 10 Nov 2022 07:22) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |