PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA OPERASIONAL, BIAYA PEMASARAN DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP LABA BERSIH DENGAN VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT GUDANG GARAM TBK PERIODE TAHUN 2015-2019

MIFTAHUR ROHMAH, 17403163208 (2022) PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA OPERASIONAL, BIAYA PEMASARAN DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP LABA BERSIH DENGAN VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT GUDANG GARAM TBK PERIODE TAHUN 2015-2019. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH BIAYA PRODUKSI, BIAYA OPERASIONAL, BIAYA PEMASARAN DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP LABA BERSIH DENGAN VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL INTERVIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak: Laba bersih merupakan komponen untuk mengukur keberhasilan suatu perusahaan. Beberapa faktor yang mempengaruhi laba bersih adalah besarnya biaya produksi, biaya operasional, biaya pemasaran dan biaya promosi yang dikeluarkan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas mengenai pengaruh variabel independen biaya produksi, biaya operasional, biaya pemasaran dan biaya promosi terhadap laba bersih melalui volume penjualan sebagai variabel intervening dengan objek penelitian pada PT Gudang Garam Tbk periode 2015 sampai dengan 2019. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji analisis jalur dan untuk hipotesis digunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara parsial biaya produksi, biaya operasional, biaya pemasaran dan biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap laba bersih. Secara simultan biaya produksi, biaya operasional, biaya pemasaran, biaya promosi dan volume penjualan berpengaruh signifikan terhadap laba bersih. Volume penjualan mampu memediasi antara biaya produksi, biaya operasional, biaya pemasaran dan biaya promosi terhadap laba bersih. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah untuk menambahkan variabel yang berhubungan dengan tingkat perolehan laba bersih seperti hutang jangka panjang atau dapat menggunakan variabel intervening selain volume penjualan dalam peningkatan laba bersih seperti harga jual. Kata Kunci: Biaya Produksi, Biaya Operasional, Biaya Pemasaran, Biaya Promosi, Volume Penjualan, Laba Bersih.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: S1 17403163208 MIFTAHUR ROHMAH
Date Deposited: 11 Oct 2022 01:37
Last Modified: 11 Oct 2022 01:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/31139

Actions (login required)

View Item View Item