Pengaruh Teknik Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berfikir Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Jambewangi Selopuro Blitar

Afifah, Yuli (2014) Pengaruh Teknik Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berfikir Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Jambewangi Selopuro Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Teknik Pembelajaran Probing Prompting, Pemahaman Konsep, Keterampilan Berfikir. Persepsi siswa bahwa matematika itu pelajaran yang dianggap sulit menjadi penyebab utama rendahnya pemahaman konsep siswa terhadap materi yang disampaikan. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang dapat mengubah persepsi siswa tentang matematika dan mengubah siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran itu adalah Teknik Probing Prompting. Teknik pembelajaran Probing Prompting merupakan pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan tiap siswa dan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan Teknik pembelajaran Probing Prompting terhadap pemahaman konsep & keterampilan berfikir pada siswa kelas VIII materi kubus & balok di MTs Negeri Jambewangi? (2) Adakah pengaruh Teknik Pembelajaran Probing Prompting terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII materi kubus & balok di MTs Negeri Jambewangi Selopuro Blitar? (3) Adakah pengaruh Teknik Pembelajaran Probing Prompting terhadap keterampilan berfikir siswa kelas VIII materi kubus & balok di MTs Negeri Jambewangi Selopuro Blitar? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan Teknik Pembelajaran Probing Prompting terhadap pemahaman konsep & keterampilan berfikir pada siswa kelas VIII materi kubus & balok di MTs Negeri Jambewangi, (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Teknik Pembelajaran Probing Prompting terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII materi kubus & balok di MTs Negeri Jambewangi Selopuro Blitar, (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Teknik Pembelajaran Probing Prompting terhadap keterampilan berfikir siswa kelas VIII materi kubus & balok di MTs Negeri Jambewangi Selopuro Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, dengan variabel bebas yaitu Teknik Pembelajaran Probing Prompting dan variabel terikatnya yaitu pemahaman konsep dan keterampilan berfikir. Dalam penelitian ini mengambil populasi seluruh kelas VIII yang berjumlah 274 siswa, tetapi hanya 68 siswa yang diambil sebagai sampel yang terdiri dari 2 kelas. Teknik analisis yang digunakan xvi i untuk menghitung yaitu menggunakan uji t-test. Sedangkan data-datanya diperoleh melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini didapatkan: (1) Penerapan Teknik Pembelajaran Probing Prompting dilakukan selama tiga kali pertemuan dengan menyajikan sebuah pertanyaan kepada setiap siswa secara acak dan diakhiri dengan pemberian post tes pada akhir pertemuan. Kelas VIII H memiliki nilai rata-rata hasil post tes (pemahaman konsep) sebesar 92,68 yang lebih besar dari kelas VIII G dengan nilai rata-rata hasil post tes (pemahaman konsep) sebesar 89,78. Selain itu, kelas VIII H juga memiliki skor rata-rata (keterampilan) sebesar 11,97 yang lebih besar dari kelas VIII G dengan nilai skor rata-rata (keterampilan) sebesar 10,94 (2) Terdapat pengaruh teknik pembelajaran probing prompting terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII MTsN Jambewangi Selopuro Blitar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai , sedangkan pada taraf signifikansi 5% adalah 1,664. Dengan demikian hipotesis pada penelitian ini diterima dan terdapat pengaruh sebesar antara teknik pembelajaran probing prompting terhadap pemahaman konsep (3) Terdapat pengaruh teknik pembelajaran probing prompting terhadap keterampilan berfikir matematika siswa kelas VIII MTsN Jambewangi Selopuro Blitar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai , sedangkan pada taraf signifikansi 5% adalah 1,664. Dengan demikian hipotesis pada penelitian ini diterima dan terdapat pengaruh sebesar antara teknik pembelajaran probing prompting terhadap keterampilan berfikir.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2014 06:56
Last Modified: 04 Dec 2014 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/315

Actions (login required)

View Item View Item